Abstrak
Dengan adanya era globalisasi dan deregulasi di Indonesia membuat banyak dibangunrumah sakit terutama oleh swasta sehingga persaingan antar rumah sakit menjadi makin ketat. Oleh karena itu nimah sakit perlu melakukan upaya terobosan agar selalu dapat tetap beroperasional dengan baik, misalnya melalui aktivitas pemasaran. Rumah Sakit Honoris didirikan dalam kompleks perumahan mewah Kota Modern, Tangerang. Sesuai dengan situasi dan kondisi nyata RS. Honoris, kiranya dapat diupayakan untuk menjaring lebih banyak pengguna jasa dari sektor penduduk perumahan tersebut yaitu melalui perencanaan program layanan kesehatan perumahan "Sejahteraraya Anugrahjaya". Layanan kesehatan perumahan yang dimaksud mencakup layanan preventif promotif, kuratif dan rehabilitatif yang dilakukan langsung ke rumah penduduk sesuai keperluannya oleh para tenaga medis dan paramedis terlatih serta berpengalaman. Program tersebut menggunakan sistem pendanaan secara premi dimana sebelumnya telah dilakukan kerja sama dengan Bank Moderrn untuk mempermudah sistem administrasi. Agar layanan kesehatan perumahan yang dirancang itu menjadi efektif perlu dilakukan survei konsumen terlebih dahulu dengan teknik kualitatif dimana data dikumpulkan secara diskusi kelompok terarah dan wawancara mendalam. Hasil survei tersebut memberikan gambaran akan kebutuhan, keinginan, dan harapan penduduk sehingga program yang disusun selanjutnya dapat lebih disempurnakan. Ternyata pada dasarnya penduduk dapat menerima program tersebut dengan cukerp baik Namun perlu diperhatikan manajemen RS. Honoris mengenai kualitas pelayanan keseluruhan yang tentunya sesuai dengan upaya pemuasan pelanggan secara optimal.