Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerjasama pelayanan kesehatan denganperusahaan pelanggan di RSPI Pondok Indah pada era Jaminan Kesehatan Nasional.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan analisis kontenmelalui wawancara mendalam dan telaah dokumen terhadap delapan narasumberperusahaan pelanggan, satu orang perwakilan BPJS Kesehatan, dan dua orang dari RSPIPondok Indah. Dari hasil penelitian didapatkan bentuk pola kerjasama koordinasimanfaat antara RSPI Pondok Indah , perusahaan pelanggan dan BPJS dalam era JaminanKesehatan Nasional . Koordinasi manfaat ini dapat memenuhi keinginan masyarakatuntuk memperoleh kenyamanan dan layanan kesehatan yang lebih tinggi dari hak nyasebagai peserta BPJS Kesehatan..Kata kunci :Jaminan Kesehatan Nasional, Pola kerjasama, Koordinasi Manfaat.