Abstrak
Tesis ini membahas proses penanganan pengaduan disiplin kedokteran di MKDKI dengan faktor yang berperan dalam lamanya proses. Faktor-faktor ini dianalisismelalui wawancara mendalam kepada Anggota MKDKI, Pengadu dan Teradu.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilakukan studi eksplorasi kasusdari 1 Januari 2012-1 Januari 2014. Faktor yang paling berpengaruh terhadap lamanya proses adalah faktor internal dan yang paling berperan adalah sumber dayamanusia, panitera. Diharapkan hasil penelitian menjadi bahan kepada Anggota MKDKI untuk memperbaharui Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Penanganan Pengaduan.
Kata Kunci: Disiplin kedokteran, disiplin, hukum, MKDKI, faktor, dokter, pasien,perkonsil, KKI
This thesis aimed to analyze the process of and identify the factors related to thehandling of medical complaint cases by the Indonesia Medical Displinary Board(MKDKI). Qualitative research method was implied using indepth interview toIMDB members, Complainants and Doctors. 87 cases from January 1 2012 to January1, 2014 were also studied. The most contributing factor was the human resourcesnamely the MKDKI members and the admin officer. It is expected the findings to beused as input for MKDKI to improve the Standard Operational Procedure (SOP) inhandling the medical complaint cases, which to include better management ofMKDKI members and the admin officer.
Keywords: medical, discipline, board, ethic, factor, doctor, patient, law,discipline board, medical council, KKI, MKDKI.