Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran dengan melakukan segmentasi, target dan posisi pasar Rumah Sakit Islam Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan jenis penelitian penelitian kuntitatif dan kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian ini bahwa segmentasi pasien Rumah Sakit Islam Bogor terdapat perbedaan antara pelayanan rawat jalan dan perawatan rawat inap Target pasar Rumah Sakit Islam pada saat ini adalah golongan masyarakat menengah keatas yang bertempat tinggal di perumahan sekitar rumah sakit. Jumlah perumahan yang kurang lebih ada 21 perumahan merupakan pasar yang potensial bagi rumah sakit. Pangsa Pasar Rumah Sakit Islam Bogor masih sangat rendah, di bawah semua rumah sakit yang ada wilayah kota Bogor. Dalam segi produk, Rumah Sakit Islam Bogor masih kurang lengkap dibandingkan rumah sakit pesaing. Dari segi tarif Rumah Sakit Islam Bogor masih sepadan/sama dengan rumah sakit pesaing, tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Rumah Sakit Islam Bogor terletak di daerah yang strategis, walaupun tidak berada ditepi jalan raya tetapi mudah untuk di akses. Kegiatan promosi yang sudah dilakukan adalah sunatan masal, donor darah dan senam osteoporosis. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa segmentasi Rumah Sakit Islam pada saat ini lebih menitik beratkan pada golongan masyarakat dengan tingkat sosial ekonomi golongan menengah ke bawah, sehingga untuk target pasar jangka panjang akan digeser pada golongan masyarakat dengan tingkat sosial ekonomi menengah keatas. Pangsa pasar Rumah Sakit Islam Bogor berada di bawah rumah sakit pesaing, dilihat dari segi bauran pemasaran rumah Sakit Islam bogor masih kurang efesien dan tidak lengkap dibandingkan dengan Rumah sakit pesaing. Key Word : Bauran Pemasaran
The thesis aimed to know the market of Islamic Hospital Bogor by segmenting, targeting and positioning the patients. The thesis is a descriptive analytical research which based on qualitative and quantitative data with cross-sectional approach. The research find that the patient profile, as a market segment of the Islamic Hospital Bogor are different between inpatients and outpatients . The target market of the hospital is middle upper class, who leave around the hospital. Currently, there are 21 real estate as a potential market for hospital. However, compare to other hospitals in Bogor the market of the hospital still low. Based on products, the equipments of the hospital are as complete as others. However, the tariff of the hospitals is still fair. The Islamic Hospital Bogor is located in very strategic area, even though the location is not in the near a main road, the access to the hospital is very a convenient. In conclusion, the Islamic Hospital Bogor segment is middle lower class society, therefore in the long term, the segment will move to middle upper class and the market of the hospital is still lower than others, as competitors. The composition of the Islamic Hospital Bogor is inefficient and incomplete compare to other competitors. Key Word : Mix Marketing