Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterpaparan informasi mengenai iklan pangan, persepsi terhadap produk pangan terkemas,sikap terhadap kesehatan dan label pangan dengan kebiasaan membaca labelpangan pada remaja, jenis kelamin, kemampuan membaca label informasi nilaigizi, pengetahuan tentang gizi dan label pangan dengan kebiasaan membaca labelpangan. Penelitian menggunakan desain studi cross sectional. Sampel diambilsecara proporsional acak sederhana dengan jumlah 137 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2014 di SMK Ekonomika Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner mandiri (self administeredquestionnaire). Analisis data yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil analisis univariat menunjukkan tingkat kebiasaan baik dalam membaca label pangan sebanyak 46,7% responden. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi terhadap produk pangan terkemas, sikap terhadap kesehatan dan label pangan, keterpaparan informasi mengenai iklan pangan, kemampuan membacalabel informasi nilai gizi dengan kebiasaan membaca label pangan pada remaja. Kata Kunci: Label pangan, Iklan pangan, Remaja, Informasi Nilai Gizi.