Abstrak
Akibat pengaruh globalisasi serta peningkatan pendidikan maupun kemampuan ekonomi maka tuntutan masyarakat berubah, apalagi dalam situasi persaingan, menuntut Rumah Sakit Umum Kardinah menentukan sikap dengan pemilihan strategi. Bertolak dari visi dan misinya maka dilakukan penelitian operasional dengan analisis strategik melalui 3 tahapan yaitu:
1. The Input Stage terdiri dari identifikasi External Factor Evaluation dan Internal Factor Evaluation serta Competitive Profile Matrix.
2. The Matching Stage menggunakan Strength - Weakness - Opportunities - Threats ( SWOT ) Matrix dan Boston Consulting Group Matrix, Internal External Matrix serta Grand Strategy Matrix.
3. The Decision Stage dengan Quantitative Strategic Plan ning Matrix (QSPM).

Pengumpulan data lewat observasi data sekunder dan analisa faktor lingkungan dengan intuisi terbaik dalam fokus grup serta indepth interview pada sampel purposive.

Dari penelitian didapatkan bahwa RSU. Kardinah mempunyai kekuatan sedikit di atas rerata dan internal sedikit di bawah rerata, dengan posisi kompetisi yang kuat dalam pertumbuhan pasar yang cepat, setelah melalui berbagai cara matching direkomendasikan strategi rayanya adalah product development dan market penetration.

Melalui berbagai analisa maka direkomendasikan strategi mengoptimalkan kinerja staf medik, perbaikan ,jasa pelayanan, pelayanan baru, renovasi fisik, persiapan unit swadana dan pemasaran aktif serta pengembangan tenaga.

Dicoba dibahas keterkaitan antar strategi dan disimpulkan bahwa persiapan unit swadana merupakan strategi terpenting, dan mengoptimalkan kinerja staf medik adalah strategi yang penting.

Daftar Pustaka 30 ( 1982 - 1997 )