Abstrak
Audit merupakan suatu proses untuk memverifikasi sejauh mana sistem manajemen K3 suatuperusahaan telah dilaksanakan secara efektif dalam rangka mencapai kebijakan dan sasaranorganisasi. Auditor sebagai komponen penting dalam pelaksanaan audit haruslah memilikikualifikasi yang baik dari sisi perilaku personal, prinsip audit, pengetahuan dan keterampilandan kompetensinya. Kualifikasi tersebut tertuang di dalam suatu panduan audit sistemmanajemen ISO 19011:2011. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan penilaianpemenuhan kriteria kualifikasi auditor K3 PT. X berdasarkan ISO 19011:2011 dan untukmengetahui tingkat kepentingan dari masing-masing kriteria tersebut. Penelitian inimenggunakan survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dari data primer yang diperolehdari kuisioner yang diberikan kepada 30 auditee dari industri yang berbeda. Denganmengelompokan menjadi 8 kelompok industri yang berbeda didapat hasil kepuasan rata-rata4,20 terdapat kinerja auditor PT. X. Industri Jasa memberikan penilaian kepuasan tertinggi(4,67) sedangkan yang terendah adalah Elektronik Telekomunikasi (4,57). Kriteria yangpaling memuaskan adalah terkait pemahaman terhadap Peraturan K3 & Persyaratan lain(4,37) dan pemahaman terhadap Sistem Manajemen K3 (4,35). Untuk penilaian tingkatkepentingan, maka kriteria Prinsip Audit yaitu Integritas dan Kerahasiaan merupakan kriteriayang memiliki tingkat kepentingan tertinggi. Terdapat perbedaan penilaian dari auditeeterhadap pemenuhan kriteria kualifikasi auditor PT. X antar kelompok industri dan jugaperbedaan penilaian tingkat kepentingan antar kelompok industri. Beberapa saran yangdiberikan untuk auditor K3 dan PT. X antara lain: meningkatkan pengetahuan teknis, sharingknowledge, kalibrasi antar auditor, rotasi auditor berkala, dan penugasan yang sesuaikualifikasi.Kata kunci:Audit; Auditor K3, ISO 19011.