Abstrak
Skripsi ini membahas pengembangan strategi pemasaran asuransi kesehatankumpulan PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera. Skripsi ini menggunakanmetode kualitatif dengan desain studi deskriptif. Hasil dari penelitian didapatkandua strategi pemasaran, yaitu strategi pengembangan produk dan strategi penetrasipasar. Berdasarkan strategi tersebut, alternatif strategi yang dapat digunakanadalah memperluas lini produk, meniru strategi pesaing, mengalihkan sebagianpelanggan milik kompetitor, menggarap pasar non pengguna, dan meyakinkanpelanggan yang ada untuk menggunakan lebih.
Kata Kunci :Strategi, Pemasaran, Produk Asuransi Kesehatan Kumpulan.
This research explained about the development of marketing strategy on grouphealth insurance product at PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera. Thisresearch used qualitative method with descriptive design study. Results of theresearch showed two marketing strategies, the strategy of product developmentand market penetration strategy. Based on this strategy, alternative strategies thatcan be used are expanding product line, imitating the strategy of competitors,divert some customer-owned competitors, the market use non-users, and convinceexisting customers to use more.
Keywords : Strategy, Marketing, Group Health Insurance.