Abstrak
Perkembangan dan persaingan dunia pelayanan kesehatan membuat pihakmanajemen berupaya memberikan yang terbaik kepada konsumen. RSUD KotaBogor telah menyediakan pelayanan komprehensif bagi masyarakat Bogor dansekitarnya, namun masih terdapat fenomena berupa kesenjangan jumlah pasiendan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahuigambaran umum bauran pemasaran poliklinik onkologi RSUD Kota Bogor.Penelitian ini menggunakan rancangan peneltian deskriptif kualitatif dandilaksanakan di poliklinik Onkologi RSUD Kota Bogor pada bulan Mei 2016.Hasil penelitian menunjukkan bauran pemasaran poliklinik onkologi RSUD KotaBogor belum maksimal. Terdapat 9 bed di poliklinik onkologi namun masihbanyak pasien kemoterapi yang belum tertangani karena tingginya jumlah pasiendan keterbatasan sumber daya. Tarif yang berlaku dirasa cukup terjangkau bagimasyarakat. Promosi RSUD Kota Bogor telah memadai, dilihat dari jumlahkunjungan pasien yang terus meningkat, namun jumlah pasien out of pocket masihminim. Berdasarkan hasil penelitian, diperlukan monitoring dan evaluasi kinerjaRSUD Kota Bogor, dan dapat dipertimbangkan penambahan sumber dayapoliklinik onkologi terutama bagi pasien out of pocket serta untuk memenuhikebutuhan konsumen.Kata kunci: pemasaran, manajemen rumah sakit, poliklinik onkologi, RSUD Bogor.