Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan,sikap, dan perilaku gizi seimbang pada pengguna Facebook Indonesia denganmedia teks, komik dan video. Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimendengan teks sebagai kontrol. Penelitian ini dilakukan kepada 84 respondenterpilih. Kelompok teks berjumlah 25 orang, kelompok komik berjumlah 28orang, dan kelompok video berjumlah 31 orang. Pengambilan data dilakukansebanyak 3 kali selama 4 minggu yang terdiri dari 1 kali pre test dan 2 post test.Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hasil perubahan pada setiapkelompok adalah ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatanpengetahuan pada kelompok teks, peningkatan pengetahuan pada kelompokkomik, dan peningkatan pengetahuan dan sikap pada kelompok video (p<0,05).
Kata Kunci : Gizi Seimbang, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Teks, Komik, Video.