Abstrak
Resiko kecelakaan dan masalah kesehatan pada crew akibat kelelahan mempunyai dampak yangsangat besar jika seorang crew mengambil keputusan yang salah dalam mengemudikan kapalatau memberikan perintah kepada anggota crew lainnya. Penelitian ini menganalisis faktor risikokelelahan yang terkait pekerjaan dan faktor risiko kelelahan yang tidak terkait pekerjaan padacrew kapal floating crane di area operasional PT.X. Untuk mengetahui kelelahan pada pelautmenggunakan Subjective Seafarer Fatigue Questionnaire. Studi kasus dilakukan di PT. X.Penelitian ini menggunakan desain studi cross-sectional yang digunakan untuk mengetahuihubungan antara variabel dependen dan independen dan diteliti secara bersamaan dalam satuwaktu. Peneliti menggunakan instrument kuesioner dan mengumpulkan data pada seluruh crewkapal floating crane. Hasil penelitian didapakan bahwa crew kapal mengalami kelelahan saatbekerja, Faktor kelelahan crew pada tipe kapal floating crane conveyor lebih besar daripada nonconveyor. Faktor kuantitas tidur merupakan peluang terbesar risiko kelelahan. Kesimpulan padapenelitian ini, faktor yang terkait pekerjaan yaitu waktu kerja, tidur sejenak hubungan tidaksignifikan dengan kelelahan. Lama waktu berada di kapal hubungan signifikan dengan kelelahan.Faktor yang tidak terkait pekerjaan seperti kuantitas tidur,kebiasaan merokok, kebiasaanolahraga terdapat hubungan signifikan dengan risiko kelelahan, kualitas tidur hubungan tidaksignifikan dengan risiko kelelahan.Kata Kunci : Kelelahan, crew kapal.
The risk of accidents and health problems in crew fatigue has a huge impact if a crew made thewrong decision to steer the ship or give orders to the other crew members. Various studies andcase reports prove fatigue on seafarers still a lot going on. This study analyzed the risk factors forwork-related fatigue and fatigue risk factors unrelated to the work crew a floating crane in theoperational area PT.X. To determine the fatigue of seafarers using the Subjective SeafarerFatigue Questionnaire. The case studies conducted in PT. X. This study used a cross-sectionalstudy design is used to determine the relationship between the dependent and independentvariables and studied simultaneously in one time. Researchers used a questionnaire instrumentand collect data on the entire crew a floating crane. From the research that the ship crew fatigueat work, tiredness on the type of vessel floating crane conveyor is greater than non conveyor,sleep quantity factor is the biggest factor has a chance of risk of fatigue. Conclusions onresearch, work-related factors, namely the working time, sleep for a while no significantrelationship with fatigue. The length of time was in significant relation with fatigue. Factorsunrelated work such as quantity of sleep, smoking habits, exercise habits there is a significantrelationship with the risk of fatigue, sleep quality is not significant relationship with the risk offatigue.Keywords: Fatigue, crew boats.