Abstrak
RSUD Tanjung Uban mengalami keterlambatan pengajuan klaim peserta JKN keBPJS Kesehatan rata-rata ±32 hari dari batas waktu yang diatur PMK 28 tahun 2014.Tujuan penelitian untuk mengevalusi keterlambatan klaim. Metode yang digunakankualitatif dengan wawancara mendalam dan telaah dokumen.Hasil menunjukkan keterlambatan klaim karena kurangnya koordinasi, sosialisasipemahaman tentang peraturan pelayanan pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yangberlaku sehingga terdapat perbedaan penegakan diagonisis. Hal ini membuat persyaratanklaim lama terpenuhi. Sementara itu ketersediaan sumber daya manusia (SDM)pengklaiman dan ketrampilan masih kurang, sistem informasi kurang mendukung sertaseringnya gangguan supply listrik mengakibatkan operasional penatalaksanaanpelayanan rumah sakit sering terganggu.Sebagai kesimpulan penelitian bahwa diperlukan peningkatan komunikasi,koordinasi, sosialisasi dengan pihak BPJS Kesehatan. RS memerlukan analisiskebutuhan SDM dalam peningkatan penatalaksanaan klaim, pengawasan operasioanlsistem informasi dan supply listrik yang memadai akan memperlancar klaim .Kata kunci : JKN, Klaim , Keterlambatan Klaim
RSUD Tanjung Uban experience delays in claims submission of UHCparticipants to BPJS approximately 32 days from the deadline that been regulated withPMK 28 tahun 2014. The aim of this research is to evaluate the claims delay. Thisresearch use qualitative with methode in-depth interviews and documents review.The results indicate that the delay claims due to a lack of coordination,understanding socialization of UHC patient service regulations so there is a differencein diagnosis and make the claim requirement complience takes a long time. Theres a lackof human resources with skill especially supported with lack of information system andpower supply disruption that often occur make a disruption of hospital operationalmanagement service.The conclusion is necessary to increase communication, coordination,socialization with BPJS. Hospital need human resources needs analysis, increasing inclaim management, operational control of information systems and supply sufficientelectricity to expedite claims.Key Word : UHC, Claim handling, Acurate and timely