Abstrak
Anak usia sekolah merupakan pemirsa televisi yang paling rawan, karena mudahdipengaruhi iklan. Televisi saat ini didominasi oleh iklan makanan dan minuman yangtinggi lemak, gula dan garam. Survei pendahuluan menunjukkan bahwa anakmenonton televisi lebih dari 2 jam per hari. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh iklan makanan dan minuman di televisi terhadap preferensimakanan dan minuman anak usia sekolah di SDN 115466 Kabupaten LabuhanbatuUtara Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2016. Penelitian menggunakan disain kuasi eksperimen (one group pretest-posttest design), dengan total sampel 68 siswa kelas IV dan V. Analisis yangdigunakan adalah Uji T Dependen. Intervensi dilakukan dengan melihat rekaman 10iklan makanan dan minuman yang ada di televisi dengan durasi 5 menit dan tanpapengulangan. Pre test preferensi makanan dan minuman dilakukan sebelum intervensi,post test1 dilakukan sesaat setelah intervensi, post tes2 dilakukan 1 minggu setelahpost test1, dan post test3 dilakukan 1 minggu setelah post test2. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa ada pengaruh iklan makanan dan minuman di televisi terhadappreferensi makanan dan minuman anak sebelum dan sesudah intervensi. Preferensi PreTest - Post Test1 (p=0,0005), Pre Test - Post Test2 (p=0,0005), Pre Test - Post Test3(p=0,0005). Tidak terdapat perbedaan preferensi makanan dan minuman Post Test1 -Post Test2 (p=0,541), Post Test2 - Post Test3 (p=0,436), hal ini menunjukkan bahwapreferensi dapat bertahan lebih dari 2 minggu setelah melihat iklan. Perlu dilakukanpembatasan paparan iklan terhadap anak, dengan membatasi waktu menonton televisi,dan pendampingan oleh orang tua.Kata kunci: Iklan, Preferensi, Makanan, Minuman, anak usia sekolah.