Abstrak
LITERASI GIZI MERUPAKAN KAPASITAS INDIVIDU UNTUK MENDAPATKAN, MEMPROSES, DAN MEMAHAMI INFORMASI DASAR MENGENAI GIZI YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MENENTUKAN KEPUTUSAN TERKAIT GIZI DAN KESEHATAN YANG SESUAI. PENELITIAN INI AKAN MENGUKUR PERBEDAAN PROPORSI TINGKAT LITERASI GIZI REMAJA BERDASARKAN JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, DAN TINGKAT PENGHASILAN KELUARGA. PENELITIAN INI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KUANTITATIF DENGAN DESAIN STUDI CROSS-SECTIONAL (POTONG LINTANG). PENELITIAN INI DILAKUKAN DI SMP NEGERI X DI KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA. PENGUKURAN LITERASI GIZI REMAJA DENGAN MENGGUNAKAN ANGKET YANG TERDIRI ATAS TIGA DOMAIN LITERASI GIZI (FUNGSIONAL, INTERAKTIF, DAN KRITIKAL). PENELITIAN INI DILAKUKAN PADA 228 RESPONDEN.VARIABEL YANG MEMILIKI PERBEDAAN PROPORSI YANG SIGNIFIKAN DENGAN TINGKAT LITERASI GIZI REMAJA FUNGSIONAL ADALAH TINGKAT PENDIDIKAN AYAH (P-VALUE = 0,001) DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU (P-VALUE = 0,000), SERTA TINGKAT LITERASI GIZI KRITIKAL AKSI DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU (P-VALUE = 0,026). KATA KUNCI: LITERASI GIZI, REMAJA, JENIS KELAMIN, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, DAN TINGKAT PENGHASILAN KELUARGA.