Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bahaya psikososial yang memengaruhi tingkat stres kerja pada guru sekolah dasar. Faktor bahaya psikososial yang diteliti adalah beban kerja, jadwal kerja, peran dalam organisasi, budaya dan fungsi organisasi, decision latitude-control, hubungan interpersoal, homework interface, lingkungan dan peralatan kerja dan perilaku ofensif. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didukung dengan wawancara tidak terstruktur. Jumlah sampel yang terdapat dalam penelitian ini sebanyak 120 orang yang terdiri dari 60 guru SDN dan 60 guru SDS. Analisis data dilakukan secara bivariat dengan uji chi square menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja, jadwal kerja, peran dalam organisasi, budaya dan fungsi organisasi, hubungan interpersoal, homework interface, lingkungan dan peralatan kerja memiliki hubungan yang signifikan memengaruhi tingkat stres kerja guru. Proporsi tingkat stres kerja pada guru SD paling banyak mengalami stres ringan mencapai 79,2% sedangkan stres sedang hanya sebesar 20,8%.

This study aims to determine the psychosocial hazard factors that effect the level of work stress in primary school teachers. This research assessed psychosocial hazard factors studied that consists of workload, work schedule, role in the organization, culture and function of the organization, decision latitude-control, interpersonal relationships, homework interface, environment and work equipment, and offensive behavior. This research using cross-sectional design. Questionnaires and unstructured interviews were used to collect data. Numbers of samples in these study 120 teachers in primary school, consisting of two groups, 60 teachers in Public Primary School and 60 teachers in Private Primary School. Data performed by bivariate analysis with Chi-Square test using SPSS software. The results showed that workloads, work schedules, roles in the organization, culture and organizational functions, interpersonal relationships, homework interfaces, environment and equipment presence of a significant association to work stress level. The highest proportion of work stress in primary school teachers experienced mild stress reaching 79.2%, while moderate stress was only 20.8%.