Abstrak
Supervisi peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di rumah sakit
jejaring pendidikan merupakan hal penting dalam meningkatkan mutu pendidikan dan
menjaga mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan memahami dinamika supervisi 360
0

berbasis sistem informasi yang disebut e-SIPP untuk penilaian kompetensi peserta
PPDS, dan bagaimana hubungannya dengan indikator mutu pelayanan pada tindakan
Sectio caesarea di RSUP Fatmawati.
Dilakukan studi kasus observasional dengan pendekatan kualitatif dan
kuantitatif, melalui 4 tahap, yaitu 1) penetapan indikator supervisi, kompetensi dan
mutu pelayanan menggunakan face validity, 2) pengambilan data supervisi, penilaian
peserta PPDS dan data mutu pelayanan menggunakan aplikasi e-SIPP dan berkas rekam
medik, 3) validasi respon terhadap cara penilaian 4) uji akseptabilitas sistem supervisi
menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman supervisi
belum selaras, faktor yang menentukan supervisi yang bervariasi bergantung
kompetensi dan individual peserta PPDS serta tingkat kesulitan setiap kasus. Sistem
supervisi menggunakan aplikasi e-SIPP dapat diterima oleh jajaran manajemen, Dokter
Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) dan peserta PPDS, dengan masih didapatkannya
kendala teknis. Kesimpulan, diperlukan kebijakan yang mendukung sistem dan proses
supervisi, pengembangan model supervisi lebih rinci, penetapan penilaian kompetesi
dan indikator mutu pelayanan, serta penyempurnaan teknologi informasi