Abstrak
Latar Belakang: Pengelolaan data rumah sakit menggunakan SIMRS menjadi hal yang penting dalam mewujudkan pelayanan rumah sakit dan pelaporan yang bermutu. Keberhasilan implementasi SIMRS memerlukan sinergi dari berbagai unsur yang terlibat, baik dari sumber daya manusia, teknologi dan organisasi. RSUP Persahabatan sejak tahun 2014 mengembangkan SIMRS sendiri yaitu PRIMA. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menemukan fakta bahwa belum dilakukannya evaluasi PRIMA oleh pihak rumah sakit secara berkala. Tujuan: untuk mengetahui gambaran penggunaan SIMRS di RSUP Persahabatan serta mengetahui variabel yang masih dinilai kurang menggunakan metode HOT-Fit. Metode: menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional (potong lintang) serta pendekatan survei. Objek penelitian ini adalah SIMRS di RSUP Persahabatan. Hasil: Variabel manusia (penggunaan sistem dan kepuasan pengguna) masih dikategorikan kurang. Variabel organisasi yaitu struktur organisasi dinilai masih kurang baik oleh responden, namun lingkungan organisasi (81,6%) sudah dikategorikan baik. Variabel teknologi (kualitas sistem dan kualitas informasi) masih dikategorikan kurang, namun pada faktor kualitas layanan (52,7%) sudah dikategorikan baik oleh responden pengguna aplikasi PRIMA. Kesimpulan: Aspek lingkungan organisasi dan kualitas layanan aplikasi PRIMA sudah baik, sedangkan aspek lainnya masih dinilai kurang oleh responden