Abstrak
Rumah Sakit memiliki tenaga kesehatan yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat memiliki tugas siaga selama 24 jam untuk menangani pasien yang jumlah dan tingkat keparahannya tidak dapat diprediksi. Interaksi tenaga kesehatan dan pasien di IGD harus ada kesepakatan setiap langkah tatalaksana penyakit, kesepakatan tersebut dibangun dari saling berkomunikasi. Melalui komunikasi antara tenaga kesehatan dan pasien dengan berbagai latar belakang maka diperlukan keterampilan komunikasi yang baik untuk mengatasi salah tafsir. IGD terdapat 3 kategori derajat keparahan penyakit pasien yaitu triase merah, triase kuning, triase hijau. Tekanan kepada tenaga kesehatan paling banyak berasal dari kategori triase merah, disusul dengan triase kuning lalu hijau. Penilaian pasien dilakukan dengan cepat dan segera untuk mengetahui tingkat kegawatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan Model Komunikasi antar pribadi Joseph A DeVito. Informan pada penelitian ini ada 11 informan, pengambilan data dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara dan observasi non partisipatif. Penentuan informan mengacu pada prinsip kesesuaian (appropriateness) dan kecukupan (adequacy) yang kemudian dilakukan analisis data dengan analisis konten. Hasil yang didapatkan yaitu Tidak ada perbedaan pola komunikasi pada triase merah setiap shiftnya. Terdapat perbedaan pola komunikasi triase kuning shift pagi dengan shift sore. Kemudian, tidak terdapat perbedaan pola komunikasi pada triase hijau shift pagi dengan shift malam. Informan mengakui bahwa derajat keparahan penyakit yang membuat adanya perbedaan dalam berkomunikasi. Peneliti menemukan bahwa perbedaan pola komunikasi selain dari tingkat keparahan penyakit juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan pasien.
Hospital has health workers on duty at the emergency room who are on standby 24 hours to treat patients whose number and severity cannot be predicted. The interaction of health workers and patients in the emergency room must have an agreement for every step of handling the disease, this agreement is built from communicating with each other. Through communication between health workers and patients with various backgrounds, good communication skills are needed to overcome misinterpretation. In the ER, there are 3 categories of patient severity, namely red triage, yellow triage, and green triage. Most of the pressure on health workers came from the red triage category, followed by the yellow and then green triage. Patient assessment is carried out quickly and immediately to determine the level of emergency. This research is a qualitative research with a phenomenological approach and uses Joseph A DeVito's Interpersonal Communication Model. Informants in this study there were 11 informants, data collection by in-depth interviews using interview guidelines and non-participatory observation. The determination of informants refers to the principles of appropriateness and adequacy, which are then analyzed by means of content analysis. The results obtained are that there is no difference in communication patterns in the red triage for each shift. There are differences in the yellow triage communication pattern for the morning shift and the afternoon shift. Then, there are no differences in communication patterns in the green triage of the morning shift and the night shift. Informants acknowledged that the degree of severity of the disease caused differences in communication. Researchers found that differences in communication patterns apart from the severity of the disease were also influenced by the patient's education level.