Abstrak

Penelitian ini berfokus pada analisis penyebab kecelakaan kerja fatal jatuh dari kapal pada transportasi air dalam kegiatan survei seismik 2D PT. X di Simenggaris, Kalimantan Timur tahun 2010, dimana satu orang kru rintis #2 pada line 26 karyawan PT. SMK (mitra kerja) kehilangan nyawa karena korban terjatuh dari kapal saat akan mengambil pelampung yang diletakkan di atap kapal dan kemudian tenggelam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif berdasarkan data sekunder berupa dokumen laporan hasil investigasi kecelakaan dan foto kejadian mengenai kecelakaan kerja fatal jatuh dari kapal pada penggunaan transportasi air dalam survei seismik yang dilakukan oleh PT. X di Simenggaris, Kalimantan Timur. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis penyebab kecelakaan adalah 5 Whys dan SCAT. Hasil analisa peneliti terkait penyebab kecelakaan fatal ini, mencakup dua hal, yaitu penyebab langsung berupa tindakan tidak aman korban yang tidak memperkirakan risiko yang dihadapi saat mengambil pelampung, dan kondisi tidak aman yaitu akses untuk menaiki dan menuruni kapal (bridging) yang belum disesuaikan dengan kondisi pasang-surut permukaan air sungai sehingga kondisi berlumpur, housekeeping yang buruk serta pengaman kapal yang tidak memadai. Sedangkan penyebab pedukung, mencakup: mitra kerja tidak memiliki SMK3, HSE Plan, dan Instruksi Kerja/SOP pekerjaan yang belum dilaksanakan secara konsisten oleh mitra kerja, tidak memadainya standar K3, serta kurangnya kesadaran dan pengawasan mandor. Kata kunci :  kecelakaan fatal, jatuh dari kapal, penyebab langsung, penyebab pendukung


This study focused on analyzing the causes of fatal accident man overboard on water transport in the 2D seismic survey activities of PT. X in Simenggaris, East Kalimantan in 2010. One crew of Rintis # 2 on line 26, employees of PT. SMK (partners) lost his lives because fell from the ship when took a life jacket which placed on the ship roof and then he sank. The study was conducted with a qualitative approach based on secondary data from the investigation report documents of the accident, as well as the documentation pictures.  The technique used to analyze the causes of accidents is 5 Whys and SCAT. The results of research analysis on the causes of this fatal accident, include two major; 1) direct cause of action; the victim did not conscious about the risk in front of him, by did not cleaned up the boot and use the life jacket before entering the boat) and unsafe conditions of access to up and down ship (bridging) that have not adapted to the conditions of the tidal river water surface, poor housekeeping, and minimum fence security on boat. While the contributing cause, including: sub-contractor did not have HSE system, HSE Plan, and Work Instructions / SOPs of work was not carried out consistently, minimum HSE, minimum training and controlling by PT X, as well as lack of supervision. Key words : fatal accidents, man overboard, direct causes, contributing causes