S2 - Tesis

Analisis situasi sebagai komponen rencana pemasaran rumah sakit baru tipe C (studi kasus RS. Dr. Hafiz Cianjur)

Muhammad Zaidan Jauhari; Pembimbing: Hafizurrachman; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Amila Megraini, Yuli Prapancha Satar (FKM UI, 2014)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kesenjangan antara jumlahpenduduk Cianjur yang sebesar 2.171.281, dengan supply atau pemenuhanlayanan kesehatan berupa Rumah Sakit, dimana di Cianjur hanya terdapat 3rumah sakit. Untuk membangun Rumah Sakit baru di Kabupaten Cianjur diperlukan rencana pemasaran yang tepat yang didasarkan pada usaha untukmemenuhi kebutuhan dan keinginan dari masyarakat Kabupaten Cianjur.Rencana pemasaran yang tepat penting untuk mengembangkan Rumah Sakit yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan layananmasyarakat tapi juga mampu memenuhi kepentingan ekonomi daripadapenyandang modal dan para pihak yang berkepentingan terhadap rumah sakittersebut. . Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan rencana pemasaran yang tepat untuk RS. Dokter Hafiz sebagai rumah sakit baru Tipe C di Cianjur,secara khusus melakukan analisa konsumen dilihat dari kebutuhan dankeinginan masyarakat Cianjur akan layanan kesehatan, melakukan analisa perusahaan, dan melakukan analisa pesaing RS Dr. Hafiz Cianjur. Jenis penelitian merupakan mixed method dengan desain penelitian deskriptif eksploratori melibatkan pengumpulan dan analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian yang siginifikan antara rencana pemasaran RS Dr. Hafiz terhadap situasi riil diwilayah Cianjur berdasarkan analisa konsumen, analisa pesaing, analisa perusahaan serta terhadap ekspektasi karakteristik layanan kesehatan yang diharapkan oleh masyarakat Cianjur. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah dalam upaya menjalankan usaha RS agar senantiasa memperhatikan kesesuaian rencana pemasarannya terhadap kondisi kebutuhan konsumen, kemampuan dan target perusahaan serta kondisi pesaing yang ada di wilayah tersebut.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : B-1662
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM UI, 2014
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx,129 hlm. il; 30 cm.
Departemen-Jurusan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Kata Kunci : analisis situasi; rencana pemasaran; rumah sakit; konsumen pesaing; situation analysis; marketing plan; hospital; consumer; competitor
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 M Zaidan Jauhari-Tesis-Fulltext-FKM-2014.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
B-1662 B-1662 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107069

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive