S2 - Tesis

Peran sistem kesehatan dalam pelaksanaan program pencegahan penularan HIV ibu ke anak (prevention mother to child transmission) di Kabupaten Jayawijaya

Lea Meirina Trisnawati; Pembimbing: Hasbullah Thabrany; Penguji: Sandi Iljanto, Kurniasari. Hellen Dewi Premeswari, Daniel Marguari (FKM UI, 2014)

Abstrak

Kasus HIV dan AIDS di Indonesia terus meningkat. Sementara untuk penularandari ibu ke bayi atau anak, jika tidak dilakukan intervensi program PPIA,kemungkinan penularannya akan lebih besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran penentu baik bidang kesehatan dan non kesehatan dalam pelaksanaan program PPIA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Kabupaten Jayawijaya. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yaitu melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi sedangkan data sekunder berasal dari survei fasilitas kesehatan yang dilakukan di Papua. Jumlah informan adalah 11 orang.

Hasil penelitian ini menggambarkan pelaksanaan program PPIA dilihat dari peran sistem kesehatanmasih kurang memadai. Mengingat luasnya wilayah dan kesulitan akses kepelayanan kesehatan, Pemerintah Daerah perlu segera melakukan perluasanlayanan PPIA yang komprehensif, pemberian Obat ARV pada ibu hamil dankebutuhan reagen, serta dukungan psikososial pada ODHA.

Kata kunci: HIV/AIDS, PPIA, sistem kesehatan
HIV and AIDS cases are increasing progressively. Especially on HIVtransmission from mother to child, the possibility is greater than others if we donot apply PMTCT intervention. The objective of this research is to determine roleof health system to the implementation of PMTCT. This is qualitative researchlocated in Jayawijaya district. Primary data is collected through in depthinterview, observation, and documentation, while secondary data is collectedbased on health facilities survey in Papua. The informant of this research is 11people.

This research is resulting insufficient PMTCT coverage due to the weakof health system. Access to health facilities is still challenging, so localgovernment is required to provide and expand comprehensive PMTCT services,ensuring provision of HIV related commodities to people living with HIV.

Key words: HIV/AIDS, PMTCT, health system

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-4118
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Ekonomi Kesehatan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM UI, 2014
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 102 hlm. il; 30 cm.
Departemen-Jurusan : Ekonomi Kesehatan
Kata Kunci : HIV/AIDS; PPIA; sistem kesehatan; PMTCT; health system
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 digital_2017-11_107265-Lea Meirina Trisnawati-Tesis-FKM-Full Text-2014.pdf ::
 Lea Meirina Trisnawati-Tesis-FKM-Naskah Ringkas-2014.docx ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-4118 T-4118 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 107265

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive