S1 - Skripsi

Gambaran Keluhan Subyektif Akibat Pajanan Tekanan Panas pada Pekerja Kebersihan PT X Mitra Kerja PT Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Suralaya Tahun 2014

Tabita Majiah; Pembimbing: Hendra; Penguji: Robiana Modjo, Mayarni (FKM UI, 2014)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran keluhan subyektifakibat pajanan tekanan panas pada pekerja kebersihan PT X mitra kerja PTIndonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Suralaya (PT IP Suralaya) tahun 2014.Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampelsebanyak 22 orang. Data primer dikumpulkan dengan melakukan pengukuraniklim kerja, pengukuran berat badan dan tinggi badan serta penyebaran kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam keluhan dirasakan oleh >50%responden yaitu banyak mengeluarkan keringat (100%), merasa cepat haus(90,9%), kulit terasa panas (86,4%), lemas (63,6%), merasa cepat lelah (59,1%)dan merasa tidak nyaman dalam bekerja (59,1%) serta sebanyak 13 (59,1%)responden mengalami kejadian tekanan panas. Oleh karena itu, diperlukanberbagai upaya pengendalian bagi PT IP Suralaya yaitu memperbaiki exhaust diMezanine unit 5 dan 7, meningkatkan pengawasan secara berkala, melakukan komunikasi dan promosi bahaya tekanan panas serta melakukan pengukuran iklim kerja secara rutin. Sedangkan bagi PT X yaitu memastikan air minum selalu tersedia, menyediakan air minum bersuhu antara 10oC-15oC dan rotasi pekerja yang berusia ≥40 tahun serta saran bagi pekerja PT X yaitu mengganti konsumsi kopi sesaat sebelum memulai bekerja dengan konsumsi 2 gelas air mineral dan 1gelas air mineral setiap 15-20 menit sekali ketika bekerja di tempat panas.
Kata kunci : Keluhan subyektif, pekerja kebersihan, tekanan panas
The objective of the study is to describe the overview of subjectivecomplaints due to heat stress exposure felt by cleaning service of PT X partner ofPT Indonesia Power Suralaya Generating Business Unit (PT IP Suralaya) in 2014.This study used a cross-sectional method which samples are 22 people. Primarydata were collected by measuring work climate, measurement of sample‟s weightand height, as well as questionnaires. The study showed that six complaints thatfelt by >50% are sweating (100%), feeling thirsty gradually (90.9%), skin feelshot (86.4%), feeling tired (59.1%), and feel uncomfortable while working (59.1%)and 13 respondents (59.1 %) experience heat stress. Therefore, some controls thatcan be undertaken by PT IP Suralaya are fix the exhaust in Mezanine unit 5 and 7,increased periodic inspections, hazard communication programs andmeasurements of work climate. Other controls that can be undertaken by PT X areensure the availability of drink water, provide drink water which temperaturebetween 10oC-15oC, and rotating worker. Besides, the workers should avoid theconsumption of coffee immediately before start working, as well as drink 2glasses and a glass of mineral water every 15-20 minutes while working in hotareas.Keywords:Cleaning service, heat stress , subjective complaints.

Metadata

Jenis Koleksi : S1 - Skripsi
No. Panggil : S-8462
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Program Studi/Peminatan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Penerbitan : Depok : FKM UI, 2014
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx, 114 hlm. il; 30 cm.
Departemen-Jurusan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kata Kunci : keluhan subyektif, pekerja kebersihan, tekanan panas
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Majiah, Tabita.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
S-8462 S-8462 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 108175

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive