Pengetahuan kesehatan reproduksi termasuk pengetahuan tentang pubertas
dan menstruasi pada siswi sekolah dasar masih rendah. Pengetahuan tentang
menstruasi merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi perilaku personal
higiene saat menstruasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-:-faktor yag
berhubungan dengan pengetahuan tentang menstruasi. Penelitian ini ry.enggunakan
desain cross sectional dan pengambilan sampel dengan teknik Total Sa~11pling, yaitu
276 siswi kelas IV, V, dan VI. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa ada
hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang menstruasi rendah dengan
faktor intrinsik (siswi berumur <11 tahun memiliki peluang 2.195 kali lebih besar
dibandingkan dengan siswi berumur ~ 11 tahun, siswi kelas IV berpeluang 4.870 kali
lebih besar daripada siswi kelas VI) serta faktor ekstrinsik (siswi yang kurang
terpapar informasi berpeluang 1,966 kali lebih besar dibandingkan dengan siswi yang
cukup terpapar informasi, siswi yang menyatakan bahwa guru tidak berperan
berpeluang 2,069 kali lebih besar dibandingkan dengan siswi yang menyatakan
bahwa guru berperan dan siswi yang menyatakan bahwa ternan sebaya tidak berperan
berpeluang 3,097 kali lebih besar dibandingkan dengan siswi yang menyatakan
bahwa ternan sebaya berperan). Penelitian ini menyarankan bahwa pihak sekolah
bekerja sama dengan Puskesmas Mustika Jaya yaitu melalui kegiatan UKS untuk
melakukan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi secara optimal.
Kata Kunci : Remaja, Menstruasi, Pengetahuan.
Reproductive health knowledge, including knowledge about puberty and
menstruation in elementary school students is low. Knowledge of menstruation is one
of the elements that influence the behavior of personal hygiene during menstruation.
The study aims to determine the factors associated with knowledge yag about
menstruation. This study used a cross-sectional design and sampling with total
sampline; technique, namely 276 grade IV, V, and VI. The results of chi-square test
showed that there was a significant relationship between knowledge about
menstruation low with intrinsic factors (girls aged < 11 years had chances 2,195 times
larger than the female students aged ?: 11 years and fourth-grade student 4,870 times
greater chance than grader VI) and ekstrinsic factors (students who are less exposed
to information likely to 1,966 times greater than the student who is quite exposed to
information, student stating that the teacher is not likely to play a role 2,069 times
greater than the student who stated that the role of teachers and students who stated
that peers play a role not likely to 3,097 times greater than the student who stated that
peers play a role). This study suggests that the school in collaboration with
Puskesmas Mustika Jaya namely through UKS to do counseling about reproductive
health optimally.
Keyword : Youth, Menstruation, Knowledge