S2 - Tesis

Analisis kepuasan pengunjung terhadap pelayanan di instalasi farmasi RS. Ibu dan Anak Trimitra th.2005

Kania Puspitahati; Pembimbing: Dumilah Ayuningtyas; Penguji: Wachyu Sulistiadi, Yuli Prapanca Satar, Mieke Savitri (FKM-UI, 2005)

Abstrak

ABSTRAK Pada saat ini persaingan antara rumah sakit akan semakin ketat baik rumah sakit swasta dengan rumah sakit pemerintah dan juga persaingan dengan rumah sakit milik modal asing atau modal negara lain. Oleh karena itu rumah sakit perlu dikelola dengan baik, sehingga mampu memanfaatkan sumber daya yang tersedia agar dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna. Rumah sakit harus selalu meningkatkan pelayanan kesehatan rumah sakit dan memacu diri dalam menghadapi persaingan. Rumah sakit dituntut memberikan kepuasan kepada para pelanggan dengan memberikan pelayanan yang bermutu dan harga yang terjangkau oleh para pelanggan. Kepuasan adalah suatu keadaan yang dirasakan seseorang menyenangkan atau mengecewakan yang merupakan hasil dari membandingkan penampilan atau outcome poduk yang dirasakan dalam hubungannya dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pelanggan sering dikaitkan dengan mutu pelayanan yang dikehendaki oleh pelanggan, sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama bagi rumah sakit. Pelanggan puas dan bisa menjadi promosi bagi rumah sakit dengan cerita dari mulut ke mulut mengenai kepuasan yang didapatkan. Pelanggan juga akan setia kepada rumah sakit tersebut dan perubahan tarif pelayanan tidak akan mempengaruhi pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran kepuasan pengunjung di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Trimitra Cibinong tahun 2004. merupakan penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan studi cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan analisis data digunakan analisis univariat dan bivariat.. Analisa bivariat yang digunakan adalah uji hubungan chi square dengan batas nilai alpha 10 %. Karakteristik pasien yang merupakan distribusi terbanyak adalah kelompok umur > 30 tahun ,jenis kelamin perempuan ,tingkat pendidikan tinggi dan penhasilan lebih dari > 617.000 .Hasil penelitian didapat bahwa secara umum umur ,jenis kelamin ,pendidikan dan penghasilan mempunyai hubungan yang bermakna dengan tingkat kepuasan. Saran yang dianjurkan untuk meningkatkan kepuasan pengunjung terhadap mutu pelayanan di instalasi farmasi RSIA Trimitra dengan membuat ruang tunggu lebih nyaman,membuat nomor antrian,memperpendek waktu tunggu,menyiapkan obat dengan cepat dan petugas memberikan pelayanan dengan baik.Penelitian lebih lanjut dibutuhkan mengenai kepuasan pelanggan secara keseluruhan di RSIA Trimitra. Dafar Pustaka 35 (1986-2005)

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : B-861
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2005
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 95 hlm. il
Departemen-Jurusan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Kata Kunci :
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Manuskrip B-861.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
B-861 B-861 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 11706

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive