S2 - Tesis

Hubungan akses informasi KB dengan pemakaian intrauterine device (IUD) di Indonesia tahun 2012 (analisis data survei demografi dan kesehatan indonesia 2012)

Nurindah Laili Maghfirati; Pembimbing: Milla Herdayati; Penguji: Besral, Felly Philipus Senewe, Darojat Nurjono Agung Nugroho (FKM-UI, 2015)

Abstrak

IUD merupakan salah satu kontrasepsi jangka panjang yang direkomendasikan pemerintah karena tingkat kegagalan yang rendah dan efek samping yang sedikit dibandingkan kontrasepsi hormonal. Akan tetapi berdasarkan Laporan SDKI 2012, penggunaan IUD di Indonesia masih sedikit dan terus menurun dari tahun ke tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi pemakaian IUD dan kelangsungannya adalah akses informasi KB dimana informasi yang didapatkan wanita akan berdampak pada pengetahuan dan penerimaannya terhadap IUD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan akses informasi KB dengan pemakaian serta penggantian intrauterine device (IUD). Penelitian ini menggunakan data SDKI 2012 modul wanita usia subur (WUS), dengan jumlah sampel 9.711 wanita yang memiliki anak dua atau lebih dan menggunakan kontrsepsi. Kriteria ekslusi penelitian ini adalah wanita yang menggunakan tubektomi, vasektomi, dan kondom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggantian IUD tidak memiliki hubungan dengan akses informasi KB (OR=0,8; 95%CI: 0,4-1,5) namun pada pemakaian IUD memiliki hubungan dengan akses informasi KB (OR=1,4; 95%CI: 1,1-1,8). Disarankan peningkatan KIE yang komprehensif dan membangun dialog dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta oraganisasi masyarakat untuk meningkatkan pemakaian IUD. Kata kunci: IUD, KB, informasi, KIE.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-4504
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Biostatistik
Program Studi/Peminatan : Biostatistika dan Kependudukan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2015
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv,67 hlm, il; 30cm.
Departemen-Jurusan : Biostatistika dan Kependudukan
Kata Kunci : IUD; KB; infrormasi; KIE
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 NURINDAH LAILI MAGHFIRATI-Tesis-FKM-Fulltext-2015 sec.pdf ::
 NURINDAH LAILI MAGHFIRATI-Tesis-FKM-Naskah Ringkas-2015.doc ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-4504 T-4504 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 120613

Sampul

cover

Kata Kunci

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive