S2 - Tesis

Hubungan berat lahir dengan perkembangan kognitif baduta 3-23 bulan (analisis data penelitian kohor tumbuh-kembang anak, Bogor tahun 2014

Irlina Raswanti Irawan; Pembimbing: Ratna Djuwita Hatma; Penguji: Asri C. Adisasmita, Kusharisupeni Djokosoetono, Arnelia, Hartono Gunardi (FKM-UI, 2016)

Abstrak

Perkembangan kognitif merupakan kunci utama yang memberikan sumbangan padakemampuan belajar di masa depan, kualitas sumber daya tenaga kerja, dan kemampuanseseorang secara keseluruhan. Umumnya anak dengan BBLR (berat badan lahir rendah)memiliki tingkat perkembangan yang lebih rendah dibandingkan anak dengan berat lahirnormal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara berat lahir denganperkembangan kognitif pada anak usia dibawah dua tahun (3-23 bulan). Penelitian inimenggunakan desain studi kohor prospektif. Populasi penelitian ini adalah anak badutabeserta ibunya yang menjadi sampel penelitian kohor tumbuh kembang anak. Pengambilansampel dilakukan dengan mengambil keseluruhan sampel yang memenuhi kriteria inklusidan eksklusi sehingga didapatkan 278 responden. Sebagian besar baduta (51,8%) memilikiperkembangan kognitif yang optimal dan sebagian besar juga memiliki berat lahir ≥ 3100gram (58,6%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antaraberat lahir dengan perkembangan kognitif pada baduta 3-23 bulan dengan nilai p= 0,01(RR 1,36; 95% CI: 1,06-1,73). Berdasarkan hasil analisis stratifikasi, variabel lain yangdiduga turut memberikan pengaruh dalam hubungan antara berat lahir denganperkembangan kognitif adalah pertumbuhan baduta berdasarkan kurva PB/U dengan nilaip=0,05 (RR 1,36; 95% CI: 1,05-1,75) dan status gizi ibu sebelum hamil p<0,05 (RR 1,42;95% CI: 1,1-1,83). Berdasarkan hal ini, disarankan kepada para orangtua terutama ibuuntuk memperhatikan tumbuh kembang anak antara lain dengan cara mengunjungiposyandu atau fasilitas kesehatan agar dapat mendeteksi adanya gangguan pada tumbuhkembang anak secara dini. Selain itu juga, dengan mempersiapkan kondisi tubuh denganbaik terutama bila merencanakan kehamilan dengan berkonsultasi tenaga kesehatan yangberkompeten.Kata Kunci :Perkembangan Kognitif, Berat Lahir, Baduta


Cognitive development is a key factor contributing to the ability to learn in the future, thequality of labor resources, and the ability of a person as a whole. Generally, children withlow birth weight (LBW) have a lower level of development than children with normalbirth weight. The purpose of this study was to determine the relationship between birthweight with cognitive development in children under two years of age (3-23 months). Thisstudy used a prospective cohort study design. The study population was under two yearsold children and their mother which is the sample of child development cohort study.Sampling was done by taking the overall sample who meet the inclusion and exclusioncriteria to obtain 278 respondents. Most under two year child (51.8%) had optimalcognitive development, and most also have a birth weight ≥ 3100 g (58.6%). The resultsshowed a significant relationship between birth weight with cognitive development inunder two years child (3-23 months) with a value of p = 0.01 (RR 1.36; 95% CI: 1.06 to1.73). Based on the analysis of stratification, another variable that is thought to contributeto give effect in the relationship between birth weight with cognitive development is thegrowth curve of under two years child based on length/age with p = 0.05 (RR 1.36; 95%CI: 1.05 to 1 , 75) and the nutritional status of the mother before pregnancy p <0.05 (RR1.42; 95% CI: 1.1 to 1.83). Based on this, it is suggested to parents, especially mothers topay attention to child growth and development, among others by visiting the neighborhoodhealth center or health facilities in order to detect any disturbance in early childdevelopment. In addition, by preparing with good body condition, especially whenplanning a pregnancy to consult a competent health personnel.Keywords :Cognitive Development, Birth Weight, Under Two Years Children.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-4566
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Epidemiologi
Program Studi/Peminatan : Epidemiologi
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2016
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 61 hlm. Il; 30 cm.
Departemen-Jurusan : Epidemiologi
Kata Kunci : Perkembangan kognitif, berat lahir; baduta; cognitive development; birth weight; under two years children
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 Irlina Raswanti Irawan-Tesis-FKM-Fulltext-2016 sec.pdf ::
 Irlina Raswanti Irawan-Tesis-FKM-Naskah Ringkas-2016.doc ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-4566 T-4566 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 121417

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive