Klub Motor X merupakan salah satu klub motor yang anggotanya tersebar di seluruhIndonesia, namun untuk penelitian kali ini hanya dibatasi wilayah Jabodetabek saja.Klub motor ini memiliki agenda rutin yaitu melakukan turing. Dalam perjalananturing tersebut, ditemukan berbagai risiko yang dapat menimbulkan terjadinyakecelakaan. Meski tidak tercatat secara detail, diketahui telah ada kasus kecelakaanbahkan sampai memakan jiwa selama yang terjadi selama perjalanan turing.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran risiko apa saja yang dapatmenyebabkan terjadinya kecelakaan dengan menggunakan metode Human FactorAnalysis Classification System (HFACS). Kemudian permasalahan terkait gegagalandari sistem pertahanan HFACS yang banyak ditemukan adalah adversephysiological states, adverse mental states, personal readiness, routine violations,dan perceptual errors. Hasil analisis penelitian menyarankan tindakan perbaikanpada tingkat individu untuk kegagalan aktif dan tingkat organisasi untuk kegagalanlaten guna mengurangi atau bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang telahteridentifikasi sehingga akan memperkuat ketahanan sistem terhadap terjadinyarisiko kecelakaan.Kata kunci:Keselamatan Berkendara, Turing, Sistem Pertahanan, HFACS
Motorcycle Club X is a motorcycle club whose members are scattered throughoutIndonesia, but for the present study is limited only Greater Jakarta area alone. Themotorcycle club has a regular agenda is to do touring. In the course of touring, founda variety of risks that could lead to accidents. Although not recorded in detail, isknown to have no accidents even to eat the souls during that occurred during the tripturing. This study was conducted to describe any risks that can cause accidents byusing Human Factor Analysis Classification System (HFACS). Then the problemsrelated gegagalan of HFACS defense system that are found are adversephysiological states, adverse mental states, personal readiness, routine violations,and perceptual errors. The analysis of research suggests corrective actions at theindividual level for the failure of active and latent level of the organization forfailure to reduce or even eliminate the errors that have been identified that willstrengthen the resilience of the system against the risk of accidents.Keywords:Safety Riding, Touring, Defense System, HFACS