S2 - Tesis

Analisis hubungan kualitas pelayanan dan evaluasi visual analog scale dengan kepuasan pasien yang di klinik rehabilitasi medik RSAU Dr. M. Salamaun Bandung tahun 2014

Mellya Adriani; Pembimbing: Jaslis Ilyas; Penguji: Dumilah Ayuningtyas, Puput Oktamianti, Ardy Nugrahanto, Diah Evasari Husnulkhotimah (FKM-UI, 2016)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan kualitas pelayanan sertadimensinya berdasarkan SERVQUAL (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurancesdan Emphaty) dan evaluasi Visual Analog Scale dengan kepuasan pasien yang berobat diKlinik Rehabilitasi Medik RSAU Dr. M. Salamun Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatifdengan pendekatan cross sectional. Pasien yang datang berobat ke Klinik RehabilitasiMedik diminta persepsinya dengan menggunakan kuesioner tentang kualitas pelayanan danevaluasi nyeri dengan Visual Analog Scale. Persepsi tentang kualitas pelayanan dan evaluasiVisual Analog Scale kemudian dianalisis untuk dilihat hubungannya dengan kepuasan pasien.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas pelayanandimensi emphaty dan responsiveness serta evaluasi Visual Analog Scale dengan kepuasanpasien yang berobat ke Klinik Rehabilitasi Medik RSAU Dr. M. Salamun Bandung. Variabelyang paling berpengaruh adalah Visual Analog Scale. Rumah Sakit dapat meningkatkankinerja dan fasilitas pelayanan terutama yang berhubungan dengan dimensi kualitaspelayanan yang berpengaruh sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Visual Analog Scale, Kepuasan Pasien
The aim of this study was to determine the quality service with its dimensions based onSERVQUAL (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurances dan Emphaty) and VisualAnalog Scale evaluation in relation to patient satisfaction at Medical Rehabilitation Clinic ofDr. M. Salamun Hospital Bandung. This was a Quantitative Study with cross sectionalapproach. Patients who came to Medical rehabilitation Clinic were asked using questionnaireabout their perception of service quality and pain evaluation using Visual Analog Scale thenanalyzed to determine its correlation with patient satisfaction. The results showed that servicequality, especially emphaty and responsiveness dimensions, also evaluation of Visual AnalogScale were significantly correlated to patient satisfaction that came to Medical RehabilitationClinic of Dr. M. Salamun Hospital Bandung. The most influential variable was Visual AnalogScale. The Hospital can enhance the performances and service facilities especially the onesthat related to service quality dimensions above so can increase the patient satisfaction.Keyword : Service Quality, Visual Analog Scale, Patient Satisfaction.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : B-1757
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2016
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 85 hlm. Il; 30 cm.
Departemen-Jurusan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Kata Kunci : Kualitas pelayanan; visual analog scale; kepuasan pasien; service quality; visual analog scale; patient satisfaction
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 Mellya Andriani-Naskah ringkas-FKM-2015.doc ::
 mellya Andriani-Tesis-Fulltext-FKm-2015.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
B-1757 B-1757 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 121767

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive