Studi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh workshop gizi dengan rancanganTheory-Based Nutrition Education dari Contento, dalam meningkatkan mediatorperilaku dan menurunkan asupan kalori. Setelah protokol dilakukan, mediatorperilaku yang berhasil diidentifikasi adalah pengetahuan, sikap, self efficacy danniat, sedangkan teori yang digunakan merupakan modifikasi dari PolytheoricalModel, Personal Food System, dan Theory of Planned Behaviour. Metode quasi-eksperimental dilakukan selama 1 bulan pada 48 responden dewasa (25-54 tahun)dengan status gizi lebih (IMT≥ 23 kg/m2) yang bekerja sebagai PNS DinasKesehatan di 2 kantor yang telah dibagi menjadi 2 kelompok yaitu perlakuan dankontrol. Hasil menunjukkan adanya peningkatan mediator yang bermakna(p=0.0005) serta perubahan perilaku yang signifikan (p=0.003) setelah intervensi.Perbandingan antar 2 kelompok menunjukkan kebermaknaan peningkatanmediator (p=0.002) namun tidak pada perilaku. Secara garis besar, kelompokperlakuan mempunyai pencapaian indikator keberhasilan yang lebih tinggidaripada kelompok kontrol.Kata kunci: gizi lebih, kalori, mediator, perilaku, theory-based.