Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik, dankemandirian personal hygiene pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SLBNusantara ber-Asrama Depok tahun 2016. Subjek dari penelitian ini adalah 46 anakberkebutuhan khusus dengan ragam jenis disabilitas, usia dan tingkat pendidikan.Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian ini adalah deskriptifdan menggunakan pendekatan cross sectional. Gambaran mengenai kemandirianpersonal hygiene diperoleh peneliti dari hasil observasi. Peneliti menggunakaninstrumen penelitian yang dikembangkan oleh DISHA Comprehensive RehabilitationCenter yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan modifikasi item berkaitandengan perilaku sehat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilaikemandirian personal hygiene antar umur, jenis kelamin, jenis disabilitas dan tingkatpendidikan. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak sekolah, serta kerjasamadinas pendidikan dan dinas pendidikan untuk berkomitmen meningkatkankemandirian personal hygiene ABK mencapai tingkat optimal. Selain itu jugarekomendasi ditujukan untuk peneliti lain guna melihat faktor lain yangmemungkinkan kemandirian personal hygiene pada ABK.Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Kemandirian, Personal Hygiene.