abstrak
Tingkat literasi gizi dapat menggambarkan kemampuan individu dalam menerima,
memproses, dan memahami informasi terkait gizi untuk membuat suatu keputusan yang
tepat terkait gizi. Literasi gizi terdiri dari tiga tingkat, yaitu tingkat literasi gizi
fungsional, interaktif, dan kritikal. Tingkat literasi gizi pada ibu baduta dapat
mempengaruhi praktik pemberian makan pada anak, yaitu pemberian ASI Eksklusif dan
Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat
perbedaan proporsi tingkat literasi gizi berdasarkan tingkat pendapatan keluarga, tingkat
pendidikan, usia, dan paritas pada ibu baduta di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan
dengan menggunakan desain studi potong lintang pada Bulan April hingga Juni 2018 di
Kecamatan Cakung dan Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Responden pada penelitian
ini yaitu ibu yang memiliki anak di bawah dua tahun (baduta) dengan jumlah 102
responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner literasi gizi
yang diisi secara mandiri. Uji chi square menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
proporsi tingkat literasi gizi fungsional berdasarkan tingkat pendidikan (p=0,040).
Kata kunci:
Ibu baduta, tingkat literasi gizi, tingkat pendidikan
Nutritional literation level can describe an individual‟s ability to receive, process, and
understand nutritional information to make a nutrition related decision. Nutrition
literacy consists of three levels, namely functional, interactive, and critical nutrition
literacy. The nutritional literation level at mother of toddler may influence feeding
practices in children, namely Exclusive Breastfeeding and Complementary Food (MPASI).
The purpose od this study is to see the difference proportion of nutritional
literation level based on family income level, educational level, age, and parity rate in
mother of toddler in East Jakarta. The study was conducted using cross sectional study
design from April to June 2018 in Cakung and Makasar Subdistrict, East Jakarta.
Respondents in this study are mothers who have children under two years (baduta) with
total of 102 respondents. Data were collected using a self-administered nutrition literacy
questionnaire. Chi square test showed that there was a differences proportion of
functional nutritional literation level based on educational level (p=0,040).
Keywords:
Educational level, mother of toddler, nutritional literation level