S2 - Tesis

Analisis Risiko Kebocoran Gas Pada Fasilitas Tangki Penyimpanan Klorin di PT. XYZ Dengan Pendekatan Computational Fluid Dynamic 3 Dimensi Menggunakan Software FLACS

Ambi Pradiptha; Pembimbing: Fatma Lestari, Dadan Erwandi; Penguji: Mila Tejamaya, I Gusti Suarnaya Sidemen, Teguh Cahyono (FKM-UI, 2018)

Abstrak

Gas klorin merupakan bahan kimia yang berbahaya karena sifatnya yang beracun dankorosif. Klorin juga termasuk ke dalam Extremely Hazardous Substances (EHS) ataubahan yang berbahaya sekali karena gas klorin dapat menimbulkan kematian (EPA,1990). Penelitian ini membahas tentang analisis risiko kebocoran gas pada fasilitastangki penyimpanan klorin di PT XYZ dengan mengasumsikan adanya korosi padavalve dan fusible plug tangki klorin. Dianalisa menggunakan pendekatan ComputationalFluid Dynamics 3 dimensi yang diproses dengan meggunakan perangkat lunak FLACS.Desain penelitian menggunakan analisis risiko secara kualitatif dengan desain deskriptifdan menggunakan FTA untuk menentukan skenario kebocoran dengan menggunakandata sekunder. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebaran kebocoran gas klorin yangdihasilkan dari pemodelan berpotensi menyebar tidak hanya didalam area PT XYZnamun juga sampai ke pemukiman penduduk dengan tingkat konsentrasi yangbervariasi mulai dari angka tertinggi 300 ppmv sampai 10 ppmv. PT XYZ disarankanuntuk selalu melakukan pengecekan berkala pada fasilitas tangki klorin, melakukanpelatihan tanggap darurat kebocoran klorin dan audit berkala sebagai bentuk upayapencegahan kebocoran klorin.Kata kunci: Kebocoran klorin, FLACS, Sebaran gas klorin, FTA.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-5227
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Program Studi/Peminatan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2018
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 107 hlm. il; 30 cm
Departemen-Jurusan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kata Kunci : Kebocoran Klorin, FLACS, Sebaran Gas Klorin, FTA
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Ambi Pradiptha-Tesis-FKM-Full Text.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-5227 T-5227 TERSEDIA Lantai 5 /Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 130363

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive