S2 - Tesis

Penerapan Strategi Diagnosis HIV Pada Pemeriksaan Laboratorium Menggunakan Rapid Diagnostic Test di Puskesmas Jonggol Tahun 2018

Eva Dian Kurniawati; Pembimbing: Dumilah Ayuningtyas; Penguji: Puput Oktamianti, Wahyu Sulistiadi, Budi Hartono, Vivi Setiawaty (FKM-UI, 2018)

Abstrak

Human Immunodeficiency Virus (HIV), masih menjadi masalah kesehatan masyarakatdi dunia, bahkan di Indonesia, sampai saat ini. Salah satu strategi dalam pengendalianHIV adalah penyediaan layanan diagnosis HIV yang bermutu. Berdasarkan studi yangdilakukan oleh WHO pada tahun 2015, didapatkan kesalahan diagnosis sebesar 10%pada pasien HIV. Puskesmas Jonggol yang telah memulai pelayanan diagnosis HIVsejak bulan Oktober 2016, belum pernah dinilai mutu pelayanannya. Malcolm Baldrigemerupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai mutu pelayanannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan strategi diagnosis HIV padapemeriksaan laboratorium menggunakan RDT ditinjau dari tujuh kriteria MalcolmBaldrige di Puskesmas Jonggol. Penelitian ini menggunakan disain penelitian potonglintang, dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanstrategi diagnosis HIV pada pemeriksaan laboratorium menggunakan RDT diPuskesmas Jonggol belum dilaksanakan sesuai standar. Perencanaan, pengajuan, danpenerimaan RDT HIV belum menggunakan prosedur baku. Pembinaan teknispemeriksaan diagnosis HIV belum dilaksanakan dengan baik.Kata kunci:Strategi diagnosis HIV, mutu, KT HIV.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-5325
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Mutu Layanan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Mutu Layanan Kesehatan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2018
Kode Bahasa :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 162 hlm. Il; 30 cm
Departemen-Jurusan : Mutu Layanan Kesehatan
Kata Kunci : Strategi Diagnosis HIV, Mutu, KT HIV
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Eva Dian Kurniawati-Tesis-FKM-Full Text.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-5325 T-5325 TERSEDIA Lantai 5 /Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 130937

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive