S1 - Skripsi

Hubungan Pemberian Media Leaflet dan Powerpoint Tentang Anemia Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pada Siswi SMAN di Kota Bogor Tahun 2018

Farha Nurmiatiari Zain; Pembimbing: Diah Mulyawati Utari; Penguji: Endang L. Achadi, Farida (FKM UI, 2018)

Abstrak

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap tentang anemia pada siswi SMAN setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media leaflet dan powerpoint. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan kepada 81 siswi kelas X di SMAN terpilih. Kelompok kontrol berjumlah 25 siswi, kelompok powerpoint berjumlah 25 siswi, dan kelompok leaflet berjumlah 33 siswi. Pengambilan data penelitian dilakukan sebanyak 4 kali, yang terdiri dari 1 kali pre test dan 3 kali post test untuk melihat pola dan retensinya. Uji statistik yang digunakan yaitu t berpasangan untuk menganalisi perubahan di dalam masing-masing kelompok dan uji ANOVA untuk melihat perbedaan antara kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan sikap pada masing-masing kelompok, dengan perubahan pada pengetahuan dan sikap yang paling tinggi yaitu pada kelompok leaflet dibandingkan kelompok powerpoint, dan kontrol (p<0,05).
Kata kunci: Anemia, Pengetahuan, Sikap, Leaflet, Powerpoint

The purpose of this research is to understand the change of knowledge and attitude of anemia among female students in Senior High School after being given the intervention by using leaflet and powerpoint media. Design study that is used is quasy experiment with control group with no intervention. This research is aplicated to 81female students of the 10th grade in several Senior High School in Bogor City. Control group consists of 25 female students, powerpoint group consists of 23 female students, and leaflet group consists of 33 female students. The data is taken 4 times in each group, included 1 pre test and 3 post test to observe the pattern and retention. The statistic test that is used is t test dependent to analyze the change within group and ANOVA test to observe the difference between each group. The result of this research shows the change of knowledge and attitude in each group, with the highest change is in leaflet group compared to control group and powerpoint group (p<0,05).
Key words: Anemia, Knowledge, Attitude, Leaflet, Powerpoint

Metadata

Jenis Koleksi : S1 - Skripsi
No. Panggil : S-9873
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Gizi
Program Studi/Peminatan : Gizi
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM UI, 2018
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 122 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Gizi
Kata Kunci : Anemia, Pengetahuan, Sikap, Leaflet, Powerpoint
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 digital_2018-12_20473873-Farha Nurmiatiari Zain.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
S-9873 S-9873 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 131097

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive