S2 - Tesis

Analisis Implementasi dan Evaluasi Sistem Manajemen Biorisiko di Laboratorium Perguruan Tinggi X

Saraswati Andani Satyawardhani; Pembimbing: Fatma Lestari; Penguji: Doni Hikmat Ramdhan, Budi Hartono, Amin Soebandrio, Aroem Naroeni (FKM-UI, 2020)

Abstrak

Perguruan Tinggi X berkomitmen dalam pengimplementasian aspek keselamatan dan kesehatan dalam setiap kegiatannya, tidak terkecuali laboratorium. Dalam setiap kegiatan di laboratorium terdapat banyak potensi bahaya, salah satu di antaranya yaitu bahaya biologis yang memiliki dampak bagi kesehatan dan lingkungan serta menyebabkan terjadinya insiden laboratorium terkait biohazard. Sebagai usaha untuk meminimalisir dampak dan terjadinya insiden tersebut, maka dilakukan evaluasi implementasi sistem manajemen biorisiko di setiap laboratorium yang menggunakan agen biologi. Penelitian ini menggunakan disain studi deskriptif dan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi serta mengevaluasi sistem manajemen biorisiko di laboratorium dengan menganalisa pencapaian yang diperoleh dari setiap laboratorium. Penelitian menggunakan data primer berupa formulir ceklis yang mengacu pada SNI 8340:2016 tentang Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium. Penilaian diisi berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan pihak laboratorium. Hasil dari penelitian ini yaitu dari 11 laboratorium yang diperiksa, 8 di antaranya sudah memenuhi 50% dari persyaratan dengan pencapaian terendah ada pada aspek penerapan dan operasional.

X Higher Education has committed to the implementation of Occupational Health and Safety (OHS) in all aspects, including laboratory. There are many potential hazards in all activities in laboratory, one of them is biohazard which has an impact to our health and environment and led to the incident. As an effort to minimize those impacts and incident, this study will evaluate the implementation of biorisk in each laboratory that use bioagents. The study design is a quantitative descriptive study. The aim of the study is to analyse the implementation of biorisk management system in laboratories. The primary data will be collected using laboratory assessment tool checklist based on SNI 8340:2016 about Laboratory Biorisk Management. The result of this study is 8 out of 11 laboratories that examined have reached 50% of its requirements, and the lowest implementation is in implementation and operational aspect.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-5896
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Program Studi/Peminatan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2020
Kode Bahasa : Ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvix, 129 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kata Kunci : Biorisiko, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Laboratorium, Sistem Manajemen Biorisiko
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 Saraswati Andani-Tesis-FKM-Full Text-2020.pdf ::
 Saraswati Andani-Tesis-FKM-Naskah Ringkas-2020.docx ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-5896 T-5896 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 134304

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive