S2 - Tesis

Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan di Puskesmas Selong Kabupaten Lombok Timur Ntb Tahun 2020

Hairani; Pembimbing: Agustin Kusumayanti; Penguji: Sabarinah Prasetyo, Dumilah Ayuningtyas, Beben Saiful Bahri, Muhammad Zaini Jauhari (FKM-UI, 2020)

Abstrak

Karyawan adalah salah satu sumberdaya paling penting dalam upaya mencapai

keberhasilan dan tujuan dalam sebuah organisasi. Salah satu faktor penting agar tercapai

hasil kerja yang optimal dari seorang karyawan yaitu dengan terpenuhinya kepuasan

kerja. Sumberdaya manusia yang baik memiliki kualitas yang mampu mempengaruhi

kinerja.Namun sebagus apapun rencana-rencana dan pengawasan dalam sebuah

organisasi, jika sumber daya manusianya kurang berminat dan tidak bahagia dalam

melakukan pekerjaannya maka suatu organisasi tidak akan mencapai hasil seperti yang

seharusnya bisa di capai Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh

kepuasan kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan di Puskesmas

Selong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan rancangan studi

cross sectional dengan metode campuran yaitu mengkombinasikan antara metode

kuantitatif dan kualitatif. Tidak ada pengaruh kepuasan kerja secara simultan terhadap

kinerja pada karyawan di puskesmas selong, uji statistic menunjukkan p=1,000>0,05.

Dari lima indicator variabel kepuasan kerja hanya dua indicator yang berpengaruh

terhadap kinerja karyawan yaitu kepuasan terhadap imbalan dengan nilai p=0,018<0,05

dan kepuasan terhadap supervisi atasan dengan nilai p=0,029<0,05. Karakteristik

individu karyawan yang berpengaruh terhadap kinerja adalah karakteristik pendidikan,

hal ini sesuai hasil uji statistic dimana p= 0,047<0,05. Dengan demikian manajemen

Puskesmas Selong perlu memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai penentuan

pembayaran imbalan, melakukan pendekatan dan komunikasi yang lebih efektif dalam

upaya perbaikan system pengawasan dan memberikan feedback terhadap hasil kerja

karyawan sehingga karyawan dapat mengetahui kekurangan atau kelebihannya. Dengan

komunikasi yang lebih intens dengan karyawan melalui pertemuan rutin antara pimpinan

dan karyawan akan terjalin komunikasi yang baik sehngga meningkatkan kualitas kerja

karyawan.


Employees are one of the most important resources in achieving success and goals in an

organization. One of the important factors in order to achieve optimal work results from

an employee is the fulfillment of job satisfaction. Good human resources have qualities

that can affect performance. However, no matter how good the plans and supervision are

in an organization, if the human resources are less interested and unhappy in doing their

work then an organization will not achieve the results it should be able to achieve. The

purpose of this study was to determine the effect of job satisfaction and individual

characteristics on employee performance at Puskesmas Selong. This type of research is

descriptive using a cross-sectional study design approach with mixed methods, namely

combining quantitative and qualitative methods. There is no effect of job satisfaction

simultaneously on the performance of employees at Puskesmas Selong, it can be seen

from the p value = 1,000> 0.05. Of the five indicators of job satisfaction variables, only

two indicators have an effect on employee performance, namely satisfaction with rewards

with a value of p = 0.018 <0.05, and satisfaction with superior supervision with a value

of p = 0.029 <0.05. Individual characteristics of employees that affect performance are

educational characteristics, it can be seen from the p value = 0,047<0,05. Thus the

management of Puskesmas Selong needs to provide an understanding to employees

regarding the determination of payment of compensation, approach and communicate

more effectively in efforts to improve the supervision system, and provide feedback on

the work of employees so that employees can find out their weaknesses or strengths. With

more intense communication with employees through regular meetings between leaders

and employees, good communication will be established so as to improve the quality of

employee work

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-6086
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Mutu Layanan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Mutu Layanan Kesehatan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2020
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 154, hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Mutu Layanan Kesehatan
Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Karakteristik Individu, Kinerja Karyawan
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 Hairani-Tesis-FKM-Naskah Ringkas-2020.docx ::
 Hairani-Tesis-FKM-Full Text-2020.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-6086 T-6086 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 134558

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive