Karyawan adalah salah satu sumberdaya paling penting dalam upaya mencapai
keberhasilan dan tujuan dalam sebuah organisasi. Salah satu faktor penting agar tercapai
hasil kerja yang optimal dari seorang karyawan yaitu dengan terpenuhinya kepuasan
kerja. Sumberdaya manusia yang baik memiliki kualitas yang mampu mempengaruhi
kinerja.Namun sebagus apapun rencana-rencana dan pengawasan dalam sebuah
organisasi, jika sumber daya manusianya kurang berminat dan tidak bahagia dalam
melakukan pekerjaannya maka suatu organisasi tidak akan mencapai hasil seperti yang
seharusnya bisa di capai Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kepuasan kerja dan karakteristik individu terhadap kinerja karyawan di Puskesmas
Selong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan rancangan studi
cross sectional dengan metode campuran yaitu mengkombinasikan antara metode
kuantitatif dan kualitatif. Tidak ada pengaruh kepuasan kerja secara simultan terhadap
kinerja pada karyawan di puskesmas selong, uji statistic menunjukkan p=1,000>0,05.
Dari lima indicator variabel kepuasan kerja hanya dua indicator yang berpengaruh
terhadap kinerja karyawan yaitu kepuasan terhadap imbalan dengan nilai p=0,018<0,05
dan kepuasan terhadap supervisi atasan dengan nilai p=0,029<0,05. Karakteristik
individu karyawan yang berpengaruh terhadap kinerja adalah karakteristik pendidikan,
hal ini sesuai hasil uji statistic dimana p= 0,047<0,05. Dengan demikian manajemen
Puskesmas Selong perlu memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai penentuan
pembayaran imbalan, melakukan pendekatan dan komunikasi yang lebih efektif dalam
upaya perbaikan system pengawasan dan memberikan feedback terhadap hasil kerja
karyawan sehingga karyawan dapat mengetahui kekurangan atau kelebihannya. Dengan
komunikasi yang lebih intens dengan karyawan melalui pertemuan rutin antara pimpinan
dan karyawan akan terjalin komunikasi yang baik sehngga meningkatkan kualitas kerja
karyawan.
Employees are one of the most important resources in achieving success and goals in an
organization. One of the important factors in order to achieve optimal work results from
an employee is the fulfillment of job satisfaction. Good human resources have qualities
that can affect performance. However, no matter how good the plans and supervision are
in an organization, if the human resources are less interested and unhappy in doing their
work then an organization will not achieve the results it should be able to achieve. The
purpose of this study was to determine the effect of job satisfaction and individual
characteristics on employee performance at Puskesmas Selong. This type of research is
descriptive using a cross-sectional study design approach with mixed methods, namely
combining quantitative and qualitative methods. There is no effect of job satisfaction
simultaneously on the performance of employees at Puskesmas Selong, it can be seen
from the p value = 1,000> 0.05. Of the five indicators of job satisfaction variables, only
two indicators have an effect on employee performance, namely satisfaction with rewards
with a value of p = 0.018 <0.05, and satisfaction with superior supervision with a value
of p = 0.029 <0.05. Individual characteristics of employees that affect performance are
educational characteristics, it can be seen from the p value = 0,047<0,05. Thus the
management of Puskesmas Selong needs to provide an understanding to employees
regarding the determination of payment of compensation, approach and communicate
more effectively in efforts to improve the supervision system, and provide feedback on
the work of employees so that employees can find out their weaknesses or strengths. With
more intense communication with employees through regular meetings between leaders
and employees, good communication will be established so as to improve the quality of
employee work