S3 - Disertasi

Pengaruh Kepatuhan Bidan dan Ibu Hamil dalam Program Antenatal Care (ANC) terhadap Berat dan Panjang Badan lahir di Kota Bogor (Analisis Studi Kohort Tumbuh Kembang Anak 2012 - 2018)

Arlym, Lisa Trina/ Promotor: Achadi, Endang L./ Kopromotor: Ocviyanti, Dwiana; Yekti Widodo/ Penguji: Besral; Kusharisupeni; Evi Martha; Anies Irawati; Indra Supradewi; ([s.n.], [s.a.])

Abstrak

Berat dan panjang badan lahir mencerminkan pertumbuhan janin. ANC yang berkualitas dan frekuensi kunjungan ANC yang memadai merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dan intervensi gangguan pertumbuhan janin. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepatuhan bidan dan ibu hamil dalam program ANC terhadap berat dan panjang badan lahir. Metode penelitian adalah mixed method dengan pendekatan potong lintang. Tahap kuantitatif menggunakan data sekunder dari studi kohor tumbuh kembang anak tahun 2012-2018 di Kota Bogor. Tahap kualitatif menggunakan metode wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan kepatuhan bidan melakukan standar 5T (timbang berat badan, ukur tekanan darah, ukur tinggi fundus uteri, pemeriksaan Hb dan pemberian tablet tambah darah) sebesar 76,3% pada semua kunjungan dan 72,1% sesuai program (K1-K4). Kepatuhan bidan berpengaruh terhadap panjang badan lahir (p=0,04) dengan RR 1,5 dan kepatuhan ibu hamil berpengaruh terhadap berat badan lahir (p=0,047) dengan RR 1,6. Bidan dan ibu hamil patuh menghasilkan berat badan lahir lebih berat 93,51 gram (p=0,045) dan panjang badan lahir lebih panjang 0,46 cm (p=0,007) dibandingkan salah satu saja yang patuh. Bidan dan ibu patuh menghasilkan berat badan lahir lebih berat 166,1 gram (p=0,006) dan panjang badan lahir lebih panjang 0,54 cm (p=0,064) dibandingkan keduanya tidak patuh. Sebaiknya kepatuhan tidak hanya dari pihak ibu hamil tetapi juga dari bidan

Metadata

Jenis Koleksi : S3 - Disertasi
No. Panggil : D-454
Pengarang :
Subjek :
Kode Bahasa : Ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx, 216 hlm. Il; 30 cm
Departemen-Jurusan :
Kata Kunci : Berat Badan Lahir, Panjang Badan Lahir, Kepatuhan Bidan dan Kepatuhan Ibu Hamil
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 2 

Shelf
 Lisa Trina Arlym-Disertasi-FKM-Full Text-2022.pdf ::
 Lisa Trina Arlym-Disertasi-FKM-Naskah Ringkas-2022.docx ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
D-454 D-454 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 135272

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive