S3 - Disertasi

Pengaruh Pelatihan Metode E-Learning Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Pandemi Covid-19 pada Kader Dasa Wisma di DKI Jakarta

Nurrobi, RM Tjahja/ Promotor: Ronoatmodjo, Sudarto/ Kopromotor: Sudaryo, Mondastri Korib; Besral/ Penguji: Pratomo, Hadi; Ratna Djuwita; Syahrizal Syarif; Syamsul Maarif; Wawan Mulyawan; ([s.n.], [s.a.])

Abstrak

DKI Jakarta menempati peringkat pertama jumlah kasus COVID-19 di Indonesia,

dengan 416.747 kasus kumulatif (15 kasus per 10.000 penduduk) dan 6.866 kematian

kumulatif (CFR 1,64% atau 16 kematian per 1.000 kasus COVID-19) per tanggal 15

Mei 2021. Tingginya angka morbiditas dan mortalitas COVID-19 ini disebabkan

oleh faktor pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap COVID-19 yang

rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku tersebut

adalah dengan pelatihan. Dan pelatihan yang dianggap efektif pada masa pandemi

COVID-19 ini adalah dengan menggunakan metode pelatihan e-learning. Penelitian

ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan metode e-learning terhadap

pengetahuan, sikap dan perilaku kesiapsiagaan bencana pandemi COVID-19 level

individu, keluarga dan komunitas pada kader Dasa Wisma di DKI Jakarta.

Desain penelitian yang akan dilakukan adalah Mixed Method. Pada pendekatan

kuantitatif, peneliti menggunakan desain Interventional Pre Post Study pada 505

sampel kader Dasa Wisma dari 20 kelurahan di DKI Jakarta yang dibagi menjadi dua

kelompok. Kelompok intervensi mendapatkan pemberian e-modul dan pemaparan

modul secara virtual. Sedangkan kelompok kontrol hanya pemberian e-modul saja.

Kedua kelompok dibandingkan nilai pre-tes serta post-tes pada minggu ke 2 dan ke

4. Sementara studi kualitatif digunakan sebagai formative research serta untuk

menganalisis kendala pada saat pelatihan dengan metode FGD, Wawancara

Mendalam dan observasi.

Hasilnya menunjukkan bahwa setelah 1 bulan follow up, bila dibandingkan antara

sebelum dan sesudah pelatihan, maka pelatihan metode e-learning baik yang tanpa

pemaparan maupun yang dengan pemaparan e-modul kesiapsiagaan bencana

pandemi COVID-19 pada umumnya dapat meningkatkan secara bermakna semua

variabel kecuali variabel komunitas (COM) dan kebijakan (POL). Sedangkan bila

dibandingkan antara kelompok kontrol dan intervensi, maka pelatihan metode elearning

dengan pemaparan dapat meningkatkan secara bermakna variabel

kesiapsiagaan individu (INCOV), kesiapsiagaan keluarga (FAMCOV), pengetahuan

individu (KIN), pengetahuan keluarga (KFAM), perilaku individu (PIN), perilaku

keluarga (PFAM) dan perilaku organisasi (PORG). Namun tidak berpengaruh

bermakna pada variabel kesiapsiagaan komunitas (COMCOV), sikap individu (AIN),

sikap keluarga (AFAM), komunitas (COM) dan kebijakan (POL)

Metadata

Jenis Koleksi : S3 - Disertasi
No. Panggil : D-458
Pengarang :
Subjek :
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xxxv, 536 hlm. Il; 30 cm
Departemen-Jurusan :
Kata Kunci : Pelatihan Metode E-Learning, Kesiapsiagaan, Pandemi COVID-19
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 RM Tjahja Nurrobi-Disertasi-FKM-Full Text-2022.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
D-458 D-458 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 135276

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive