S2 - Tesis

Tinjauan Sistematik: Strategi Pendekatan Keluarga dan Teman Sebaya Pada Remaja Untuk Mencegah Berat Badan Berlebih dan Obesitas

Salma Talitha; Pembimbing: Tri Krianto; Penguji: Diah Mulyawati Utari, Hadi Pratomo, Hera Nurlita, Soitawati (FKM-UI, 2022)

Abstrak

Berat badan (BB) berlebih dan obesitas menjadi masalah kesehatan yang disoroti, termasuk di Indonesia. Masalah BB pada remaja semakin lama semakin meningkat dan berisiko memperburuk kesehatan masyarakat di masa depan. Indonesia memiliki banyak kebijakan terkait pencegahan dan pengendalian masalah BB yang jelas dan rinci. Namun belum ada strategi intervensi yang secara spesifik berfokus pada sasaran prioritas tertentu, khususnya remaja. Penelitian tinjauan sistematik meta agregasi dengan metode analisis tematik ini bertujuan untuk mensintesis dan mengintegrasikan temuan-temuan penelitian kualitatif, yang berkaitan dengan pengalaman implementasi strategi pendekatan keluarga dan teman sebaya pada remaja dalam pencegahan BB berlebih dan obesitas. Artikel yang memenuhi kriteria (N=13), berasal dari 4 situs penyedia jurnal: ProQuest, Scopus, Science Direct, dan Springer Link. Penyaringan, skrining dan penilaian kualitas artikel dilakukan untuk memastikan bahwa artikel yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian. Metode Triangulasi Peneliti/ Ahli, yaitu dengan melibatkan beberapa pakar gizi dan perilaku dari Universitas Indonesia dan Kementerian Kesehatan RI, dilakukan sebagai upaya validitas data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pendekatan keluarga dan teman sebaya pada remaja dapat digunakan sebagai upaya pencegahan BB berlebih dan obesitas. Beberapa hal seperti, ketersediaan waktu, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, serta metode penyampaian pesan kesehatan, dipersepsikan sebagai hambatan dan faktor pendorong partisipasi remaja dan orang tua dalam melakukan perilaku hidup sehat. Rekomendasi kebijakan kepada Kementerian Kesehatan RI diberikan sebagai bagian dari hasil akhir penelitian ini.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-6372
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Program Studi/Peminatan : Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2022
Kode Bahasa : Ind
Tipe Carrier : File Only
Deskripsi Fisik : xv, 146 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
Kata Kunci : Berat Badan Berlebih, Keluarga, Obesitas, Remaja, Teman Sebaya
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Salma Talitha-Tesis-FKM-Full Text-2022.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-6372 T-6372 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 135398

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive