S2 - Tesis

Penyusunan Rencana Strategis Pelayanan Fisioterapi di Indonesia tahun 2023-2028

Bernadeth Novita Budisusilowati; Pembimbing: Ede Surya Darmawan; Penguji: Adang Bachtiar, Vetty Yulianty Permanasari, Ahmad Syakib, Ridho Ichsan Syaini (FKM-UI, 2023)

Abstrak

Transisi demografi dan epidemiologi berkontribusi terhadap pergeseran profil beban penyakit dari yang sebelumnya didominasi oleh penyakit menular menjadi didominasi oleh Penyakit Tidak Menular (PTM). Penyakit tidak menular berkontribusi pada 74% penyebab utama kematian global dan 63% penyebab Disability Adjusted Life Years (DALYs). Dalam upaya untuk mengatasi PTM, fisioterapi dapat berperan dalam mencegah terjadinya insidensi pada PTM pada orang dengan dan/atau berisiko PTM dengan pendekatan promotif dan preventif maupun pemulihan dengan pendekatan kuratif dan rehabilitatif pada disabilitas yang disebabkan oleh PTM. Diperkirakan bahwa kebutuhan akan pelayanan fisioterapi akan meningkat, sehingga diperlukannya Rencana Strategis yang jelas dan terarah guna mempermudahkan dalam mengarahkan kebijakan dan program yang dibuat untuk meningkatkan kualitas pelayanan fisioterapi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Riset Operasional (Operasional Research) dengan metode kualitatif wawancara mendalam dan Consensus Decision Making Group. Dalam penelitian ini posisi pelayanan fisioterapi di Indonesia berdasarkan matriks IE berada pada sel I (grow and build) dan Matriks TOWS yaitu kuadran II (Internal Fixed it Quadrant). Dari pencocokan diperoleh hasil strategi Market Development yang selanjutnya dilakukan matriks QSPM untuk prioritas strategi dengan pendekatan Balanced Scorecard. 

Demographic and epidemiological transitions have contributed to a shift in the disease burden profile from previously being dominated by infectious diseases to being dominated by Non-Communicable Diseases (NCDs). Non-communicable diseases contribute to 74% of global deaths and 63% of Disability Adjusted Life Years (DALYs). In efforts to address NCDs, physiotherapy can play a role in preventing the incidence of NCDs in individuals with and/or at risk of NCDs through promotive and preventive approaches, as well as in the curative and rehabilitative management of disabilities caused by NCDs. It is estimated that the demand for physiotherapy services will increase, necessitating a clear and focused Strategic Plan to facilitate the direction of policies and programs aimed at improving the quality of physiotherapy services in Indonesia. This research uses Operational Research methods with qualitative in-depth interviews and Consensus Decision Making Group. In this study, the position of physiotherapy services in Indonesia based on the IE matrix is in cell I (grow and build), and in the TOWS Matrix, it is in quadrant II (Internal Fixed it Quadrant). From the matching process, the result of the Market Development strategy was obtained, which was further prioritized using the QSPM matrix with the Balanced Scorecard approaches.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-6738
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Manajemen Pelayanan Kesehatan
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2023
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier : File Only
Deskripsi Fisik : xvi, 172 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Manajemen Pelayanan Kesehatan
Kata Kunci : Rencana Strategis, Fisioterapi, SWOT, Balanced Scoredcard
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI
Shelf
 Bernadeth Novita Budisusilowati-Tesis-FKM-Full Text-2023.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-6738 T-6738 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 136322

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive