S2 - Tesis

Hubungan Persepsi Pasien Mengenai Kualitas Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Menggunakan 6Q Framework Modifikasi di Rumah Sakit Pendidikan RSUD Siti Fatimah Palembang

Syifa; Pembimbing: Amal Chalik Sjaaf; Penguji: Adang Bachtiar, Ascobat Gani, Rakhmat Hidayat, Linda Sofriyanti (FKM-UI, 2024)

Abstrak

Rumah sakit merupakan sebuah institusi yang bertujuan utama memberikan layanan kesehatan kepada pasien untuk pengobatan penyakit dan pencegahan kecacatan. Di sisi lain, status sebagai Rumah Sakit Pendidikan yang mengharuskan Rumah sakit mengakomodir berbagai proses pembelajaran dalam berbagai jenjang, penerapan teknologi tertinggi sebagai center of excellence, dan bahkan jika memungkinkan penerapan temuan-temuan baru atau yang masih sedang diuji coba dalam dunia medis tentu menjadi beban tersendiri bagi operasional Rumah sakit. RSUD Siti Fatimah sebagai rumah sakit yang relatif baru berdiri dan juga baru saja ditetapkan menjadi rumah sakit pendidikan tentu memilki tantangan yang cukup besar dalam hal kualitas pelayanan dan variasi pasien. Data menunjukkan bahwa dari seluruh kompetensi minimal Pendidikan profesi dokter yang wajib dimiliki sesuai SKDI (Standar Kompetensi Dokter Indonesia), baru sekitar lima puluh persennya saja yang dapat ditemui di RSUD Siti Fatimah. Hal ini membuat RSUD Siti Fatimah harus terus berbenah untuk meningkatkan angka kunjungan pasien dan jenis penyakit yang ditangani untuk dapat menjadi wahana pembelajaran yang adekuat bagi program Pendidikan profesi dokter dan dokter spesialis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD Siti Fatimah Palembang sebagai rumah sakit pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis observasional analitik dengan desain studi survei potong lintang menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan di RSUD Siti Fatimah Palembang pada pasien yang dirawat inap di bangsal rawat inap kelas 3, kelas 2, dan kelas 1 pada bulan November 2023. Populasi target penelitian adalah pasien yang dirawat di bangsal rawat inap yang menjadi wahana pembelajaran bagi peserta didik program pendidikan dokter spesialis RSUD Siti Fatimah Palembang pada tahun 2023 sebanyak 1700 orang, dan sampel sebanyak 195 orang dengan menggunakan consecutive sampling. Kualitas pelayanan kesehatan Rumah sakit dilihat dari persepsi pasien dengan menggunakan model modifikasi dari 6Q framework yang dimodifikasi. Terdapat korelasi yang kuat antara persepsi pasien mengenai kualitas pelayanan di RSUD Siti Fatimah dengan kepuasan pasien. Persepsi pasien mengenai kualiatas dokter muda di RSUD Siti Fatimah baik, dengan nilai paling tinggi pada kualitas prosedural yaitu sebesar 92,8%, akan tetapi beberapa hal masih belum optimal, yaitu pada kualitas personil serta kualitas interaksi.
A hospital is an institution whose primary goal is to provide health services to people for disease treatment and prevention. On the other hand, the hospital's status as a teaching hospital necessitates accommodating various learning processes at various levels, the use of the most advanced technology as a center of excellence, and even if possible, the application of new standards or findings that are still being tested in the medical world for hospital operations. Siti Fatimah Hospital, as a relatively new hospital that has only just been created and classified as a teaching hospital, faces significant hurdles in terms of service quality and patient diversity. According to data, just around half of all the minimal competencies required for medical professional education according to the SKDI (Indonesian Doctor Competency Standards) can be discovered at Siti Fatimah Regional Hospital. This means that Siti Fatimah Regional Hospital must continue to improve in order to increase the number of patient visits and the types of diseases treated and become an adequate learning vehicle for the professional education program for doctors and specialists. The purpose of this research is to examine the relationship between service quality and patient happiness at Siti Fatimah Palembang Hospital, a teaching hospital. This is a quantitative observational analytical study with a cross-sectional survey study design employing a questionnaire. The study was carried out at Palembang's Siti Fatimah Regional Hospital on patients admitted to class 3, class 2, and class 1 inpatient wards in November 2023. Patients treated in inpatient wards were the target research population, which served as a learning vehicle for educational program students. In 2023, Siti Fatimah Regional Hospital in Palembang will have 1,700 specialist doctors and a sample size of 195 persons utilizing consecutive sampling. A modified form of the modified 6Q framework is used to assess the quality of hospital health care based on patient perceptions. Patient satisfaction is strongly related to patient views of the quality of care at Siti Fatimah Regional Hospital. 7. Patient impressions of the quality of young doctors at Siti Fatimah Regional Hospital are positive, with the highest score on procedural quality, 92.8%; nonetheless, other factors remain unsatisfactory, including the quality of people and the quality of interactions.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : B-2418
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Program Studi/Peminatan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2024
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier : File Only
Deskripsi Fisik : xvi, 132 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Kajian Administrasi Rumah Sakit
Kata Kunci : 6q Framework Modifikasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Pendidikan, Keywords: 6q Framework Modifications, Patient Satisfaction, Service Quality, teaching hospital
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Syifa-Tesis-FKM-Full Text-2024.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
B-2418 B-2418 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 137014

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive