S3 - Disertasi

Model Mediasi Koping Religius Dalam Hubungan Antara Stresor Kerja, Religiusitas Dan Distres Pada Perawat

Ika Nopa; Promotor: L. Meily Kurniawidjaja; Kopromotor: Besral, Dadan Erwandi; Penguji: Indri Hapsari Susilowati, Ratna Djuwita, Corina D. Riantoputra, Hanny Handiyani, Harmein Nasution, Zulfendri (FKM-UI, 2024)

Abstrak

Review menunjukkan koping religius merupakan salah satu koping yang banyak digunakan oleh perawat. Namun, bukti bahwa koping ini berpengaruh terhadap distress pada perawat masih terbatas dan dengan hasil yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis mediasi koping religius dalam hubungan antara stresor kerja, religiusitas dan distres pada perawat. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Populasi target penelitian ini adalah perawat di Kota Medan. Variabel dalam penelitian ini adalah 1) Variabel independen: demografi, religiusitas dan stresor kerja. 2) Variabel perantara: koping religius, dan 3) Variabel dependen: distres. Alat ukur dalam penelitian ini adalah modifikasi Expanded Nursing Stress Scale (ENNS)untuk menilai sumber stres kerja, The Centrality of Religiosity Scale untuk menilai religiusitas,The Brief R-COPE untuk menilai koping religius, dan The Patient Health Questionnaire Anxiety and Depression Scale (PHQ-ADS): untuk menilai distres. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan Partial Least Square -Sturctural Equation Modelling (PLS-SEM). Koping religius positif memediasi total hubungan antara religiusitas dengan depresi dan ansietas. Sementara koping religius negatif hanya memediasi total hubungan antara religiusitas dan ansietas. Ada hubungan langsung antara stressor kerja dan koping religius positif. Tidak ada hubungan langsung antara stressor kerja dan koping religius negatif.Temuan penelitian mendukung pernyataan, religiusitas dapat memfasilitasi koping religius. Penelitian ini juga memperluasnya dengan menemukan religiusitas memfasilitasi koping religius positif dalam merespon stresor kerja dan mencegah distres. Oleh karena itu diperlukan fasilitas dan program peningkatan sumber daya religiusitas bagi perawat di tempat kerja yang tidak hanya berguna untuk perawatan pasien, tapi juga untuk perawatan diri sendiri.
Due to the high stressors at work, nurses are prone to suffering distress. Nurses use religious coping as one of their emotional coping mechanisms when dealing with stressful situations. However, evidence of this coping strategy's impact on nurses' distress is currently few and yields inconsistent findings. This study aims to examine how religious coping prevents nurse’s distress. A total of 309 nurses agreed to participate in this cross-sectional study. PLS-SEM was used to analyze the aim of the study. ICU unit nurses face the highest work stressors. Positive religious coping mediates the relationship between religiosity, depression, and anxiety. Meanwhile, negative religious coping only mediates the relationship between religiosity and anxiety. This research finds that religiosity facilitates positive religious coping in responding to nurses’ work stressors and preventing distress. Therefore, facilities and programs to increase religiosity resources for nurses in the workplace are needed.

Metadata

Jenis Koleksi : S3 - Disertasi
No. Panggil : D-522
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Program Studi/Peminatan : Ilmu Kesehatan Masyarakat
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2024
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier : File Only
Deskripsi Fisik : 224 hlm.; 30 cm
Departemen-Jurusan : Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kata Kunci : Stresor Kerja, Koping Religius, Perawat, Distres, Stressors at Work, Religious Coping, Nurse, Distress
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 Ika Nopa-Disertasi-FKM-Full Text-2024.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
D-522 D-522 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 137606

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive