S2 - Tesis

Analisis hubungan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayan instalasi farmasi dengan minat menebus kembali resep obat di instalasi farmasi RSUD budhi asih tahun 2010

Manurung, Lidya Pusparia / Pembimbing: Hidayat, Budi / Penguji: Junadi, Purnawan; Ayuningtyas, Dumilah; Nirwanawati, Ait ; (FKM-UI, 2010)

Abstrak

Instalasi Farmasi merupakan salah satu terminal pelayanan kesehatan, jalur perbekalan farmasi yang berhadapan langsung dengan masyarakat, dan merupakan bagian dari revenue centre. Latar belakang penelitian ini adalah proporsi kunjungan instalasi farmasi dengan resep obat yang rendah, yaitu kurang dari 50%, serta keluhan pasien akan pelayanan instalasi farmasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih rinci tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan instalasi farmasi dikaitkan dengan minat pasien menebus kembali resep obat di instalasi farmasi RSUD Budhi Asih. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian ini adalah survey cross sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 100 orang responden. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat yaitu membandingkan skor harapan dan kenyataan, kemudian diaplikasikan kedalam diagram kartesius, analisis bivariat dengan chi kuadrat, dan analisis multivariat dengan regresi logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat kepuasan dengan minat kembali menebus resep obat di instalasi farmasi RSUD Budhi Asih. Responden yang menyatakan puas sebanyak 15% responden, sedangkan responden yang menyatakan tidak puas akan pelayanan instalasi farmasi ada sebanyak 85% responden. Frekuensi responden yang berminat menebus kembali resep obat sebanyak 37% responden, sedangkan responden yang tidak berminat sebanyak 63% responden. Variabel yang dominan mempengaruhi minat menebus kembali resep obat yaitu usia, dan dimensi reliability.

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : B-1220
Pengarang :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2010
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xx, 146 hlm; il; 27 cm
Departemen-Jurusan :
Kata Kunci :
Lembaga Pemilik :
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
B-1220 B-1220 TERSEDIA Lantai 5
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 71955

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive