S2 - Tesis

Peranan Faktor Organisasi dan Psikologis Terhadap Kinerja Petugas Kusta Puskesmas Di Provinsi Banten Tahun 2012

Upi Meikawati; Pembimbing: Rita Damayanti, Penguji: Sabarinah B. Prasetyo, Syahrizal Syarif, Cristina Widaningrum, Mamak Jamaksari (FKM-UI, 2012)

Abstrak

ABSTRAK Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kinerja petugas Kusta Puskesmas di Provinsi Banten dan peran faktor organisasi dan psikologis terhadap kinerjanya masing-masing. Metode : Penelitian ini menggunakan desain studi kuantitatif cross sectional. Data kuantitatif dikumpulkan secara langsung melalui pengisian kuesioner selama 2 bulan sejak bulan Mei-Juni 2012 Hasil : Dari 75 responden tersebut, 54.7% mempunyai kinerja baik dan 45.3% mempunyai kinerja kurang. Faktor yang paling dominan berperan terhadap kinerja yaitu motivasi dan pelatihan. Kesimpulan : Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penderita kusta dibutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kinerja baik. Dalam pelaksanaanya untuk evaluasi kinerja belum mempunyai sistem pengukuran kinerja berbasis skoring. Penilaian kinerja yang dilakukan agar dikembangkan dan karena faktor yang berperan terhadap kinerja tersebut adalah motivasi dan pelatihan, maka dibutuhkan usaha yang optimal untuk memperbanyak pelatihan yang bermutu dan meningkatkan motivasi petugas. Kata Kunci : Kinerja, Petugas Kusta Puskesmas, Faktor Organisasi, Faktor Psikologis.


 ABSTRACT Background: This study aims to determine the performance of Leprosy officers in Banten Province Health Center and the role of organizational and psychological factors on the performance of each. Methods: The study used a cross-sectional quantitative study designs. Quantitative data are collected directly by filling out the questionnaire during the two months since the May-June 2012 Results: Of the 75 respondents, 54.7% had good performance and 45.3% had less performance. The most dominant factor contributing to the performance of the Lepsory Officer are motivation and training. Conclusion: To improve the quality of service to the lepers needed human resources that have a good performance. In the implementation for performance evaluation does not have a scoring system based on performance measurement. Performance appraisals are conducted in order to be developed and because the factors that contribute to performance is the motivation and training, the optimal effort is required to reproduce the quality of training and improving staff motivation. Keywords: Performance, Leprosy Officer Health Center, Organizational Factors, Psychological Factors

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-3543
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Epidemiologi
Program Studi/Peminatan : Epidemiologi
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2012
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 162 hlm. : il; 27 cm.
Departemen-Jurusan : Epidemiologi
Kata Kunci :
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 T3543-Upi Meikawati.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-3543 T-3543 TERSEDIA Lantai 5
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82470

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive