S2 - Tesis

Kadar Karbon Monoksida (CO) di Udara Sebagai Faktor Resiko Terhadap Kadar Karbon Monoksida Dalam Darah (HbCO) Petugas Parkir Basement P2 Mall X

Tomy Mismahendra; Pembimbing: Hendra; Penguji: Chandra Satrya, Doni Hikmat Ramdhan, Agus Triyono (FKM-UI, 2012)

Abstrak

Mall X adalah pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan strategis Sudirman Centre Bussiness District (SCBD) Sudirman. Di desain secara modern pusat perbelanjaan ini memiliki areal parkir bawah tanah untuk mensiasati keterbatasan lahan yang dimiliki. Dengan banyaknya pekerja yang bekerja di area parkir basement dan kemungkinan terjadinya akumulasi gas karbon monoksida yang berasal dari kendaraan yang berada di basement, maka lokasi basement Mall X tepat untuk dijadikan lokasi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kadar karbon monoksida di udara dengan kadar karbon monoksida dalam darah (HbCO) pada petugas parkir basement P2 Mall X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kros seksional. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan signifikan (P value = 0,007) antara kadar karbon monoksida di udara dengan kadar karbon monoksida dalam darah (HbCO) petugas parkir basement P2 Mall X. Kata Kunci : basement, Karbon Monoksida, Karbon Monoksida dalam darah (HbCO).


 X Mall is a shopping centre located at strategic area Sudirman Centre Business District (SCBD) Sudirman. Designed with modern style, this shopping centre has a basement parking area to comply with area limitation. This shopping centre is a perfect place to held a research, because it has a lot of workers who work in the basement area and the accumulation possibilities of carbon monoxide (CO) in the basement area. The purpose of this research is to measure the correlation between carbon monoxide (CO) in air concentration with carbon monoxide in blood (HbCO) concentration at X Mall P2 basement parking man. This research is a quantitative research with cross sectional design. This research resulting a fact that there is a significant correlation (P value = 0,007) between carbon monoxide (CO) in air concentration with carbon monoxide in blood (HbCO) concentration at X Mall P2 basement parking man. Key Words : basement, Carbon Monoxide, Carbon Monoxide in Blood (HbCO)

Metadata

Jenis Koleksi : S2 - Tesis
No. Panggil : T-3656
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Program Studi/Peminatan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM-UI, 2012
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 65 hlm. : il; 27 cm.
Departemen-Jurusan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kata Kunci :
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 T3656-Tomy Mismahendra.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
T-3656 T-3656 TERSEDIA Lantai 5
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83188

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive