S1 - Skripsi

Analisis Konsekuensi Dispersi Gas, Kebakaran, dan Ledakan Akibat Kebocoran Tangki Timbun Premium 5000 Kiloliter di PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Panjang, Lampung Tahun 2012 Menggunakan Breeze Incident Analyst Software

Lisna Utami; Pembimbing: Fatma Lestari; Penguji: Mila Tejamaya, Devie Fitri Octaviani (FKM UI, 2013)

Abstrak

Perusahaan minyak dan gas biasanya menggunakan tangki timbun yang berisi bahanmudah terbakar dan berbahaya bagi kesehatan, oleh karena itu risiko untuk terjadinya dispersigas, kebakaran, dan ledakan sangat besar apabila terjadi failure pada tangki timbun.Pemodelan yang dilakukan pada penelitian ini ditujukan untuk mengetahui konsekuensi dari peristiwa dispersi gas, kebakaran, dan ledakan akibat kebocoran pada tangki timbun premiumdengan kapasitas 5000 kiloliter di PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Panjang, Lampung yang merupakan suatu perusahaan minyak dan gas. Penelitian ini merupakan penelitian pemodelan kuantitatif. Pemodelan dilakukan menggunakan piranti lunak BREEZE IncidentAnalyst pada tiga jenis hidrokarbon yang menjadi komponen Premium, yaitu heksana,heptana, dan pentana.Hasil dari penelitian ini didapatkan jangkauan dan konsekuensi dispersi gas, kebakaran,dan ledakan untuk tiga zona berdasarkan level of concern dari setiap skenario. Jangkauan dan konsekuensi dari pemodelan ini akan dianalisis terhadap sistem fire safety dan manajemen tanggap darurat yang ada di PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Panjang, Lampung.
Kata kunci : BREEZE Incident Analyst, tangki timbun, Premium, konsekuensi, dispersi gas, kebakaran,kolam api, BLEVE, ledakan.
Oil and gas industries normally use storage tanks containing flammable materials and hazardous to health, therefore the risk for the occurrence of gas dispersion, fire, andexplosion is very high when the failure happened storage tank. Modeling performed in thisstudy aimed to determine the consequences of the events of gas dispersion, fire and explosiondue to leakage in the Premium storage tank with a capacity of 5000 liters at PT Pertamina(Persero) Terminal BBM Panjang, Lampung which is an oil and gas industry. This research isa quantitative modeling. Modeling done using software BREEZE Incident Analyst at threetypes of hydrocarbons that become Premium components, namely hexane, heptane, andpentane.Results of this research are presented range and consequences of gas dispersion, fire,and explosion for the three zones based on the level of concern of each scenario. The rangeand consequences of this modeling will be analyzed by the system fire safety and emergencymanagement in PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Lampung, Lampung.
Keywords:BREEZE Incident Analyst, storage tank, Premium, consequences, gas dispersion, fire, poolfire, BLEVE, explosion

Metadata

Jenis Koleksi : S1 - Skripsi
No. Panggil : S-7620
Pengarang :
Nama badan : Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Program Studi/Peminatan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Promotor/Pembimbing :
Ko-Promotor/Penguji :
Subjek :
Penerbitan : Depok : FKM UI, 2013
Kode Bahasa : ind
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 111 hlm. : il; 27 cm.
Departemen-Jurusan : Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Kata Kunci : breeze incident analyst; tangki timbun; premium; konsekuensi; dispersi gas; kebakaran; kolam api; bleve; ledakan; storage tank; consequences; gas dispersion; fire; pool fier; explosion
Lembaga Pemilik : Pusinfokesmas FKM UI

File Digital: 1 

Shelf
 S7620-Lisna Utami.pdf ::
 
Catatan: Hanya file pdf yang dapat dibaca online
Menu Anggota Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan Lokasi
S-7620 S-7620 TERSEDIA Lantai 5 / Annex
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90323

Sampul

cover

Lihat juga:

:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive