Kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi semakin meningkatsehingga menyebabkan permohonan terhadap pengajuan polis asuransi jugameningkat. Oleh karena itu perusahaan asuransi dituntut untuk memberikanpelayanan yang profesional. PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera sebagaisalah satu perusahaan asuransi yang memiliki banyak peserta asuransi sehinggasemakin banyak permintaan penerbitan polis khususnya pada asuransi kesehatankumpulan. Namun dari banyaknya permintaan penerbitan polis yang ada, masihditemukan proses penerbitan yang tidak tepat waktu. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui gambaran penerbitan polis asuransi kesehatan kumpulan di PT.Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera tahun 2012.Penelitian ini menggunakan studi kualitatif, metode pengambilan datayang digunakan adalah dengan cara wawancara mendalam (indepth interview) terhadap Seksi Analisa Bisnis & Underwriting divisi bisnis kumpulan PTAsuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera serta dilengkapi beberapa data sekunderuntuk mendukung hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor internal (SDM, SOP,Peralatan/Mesin) dan faktor eksternal (Kelengkapan Data & Dokumen) sangat berpengaruh pada ketepatan dan keterlambatan penerbitan polis asuransi kesehatan kumpulan di PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera tahun 2012.Hasil penelitian menyarankan perlu ditingkatkan kualitas SDM, kinerja dan sistem informasi yang ada.
Kata Kunci : Penerbitan Polis, Asuransi
Public awareness has increased insurance causing a plea for filinginsurance also increased. Therefore, insurance companies are required to provideprofessional services. PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera as one of theinsurance companies that have many participants so that more and more demandfor insurance policies issued specifically on health insurance bundles. But fromthe number of requests the issuance of an existing policy, still found the processof publishing an ill-timed. This study aims to describe a collection of healthinsurance policies issued at the PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera in 2012.This study uses a qualitative study, data collection method used is by wayof in-depth interviews to Section Analysis Business & Underwriting businessdivision set PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera and include some secondarydata to support the research.The results show that internal factors (HR, SOP, Equipment / Machinery)and external factors (Completeness of Data & Document) is very influential inaccuracy and delay the issuance of a health insurance policy set in PT. AsuransiJiwa Bringin Jiwa Sejahtera in 2012. The results suggest the need to improve thequality of human resources, performance and system information.Keywords : Publishing Policy, Group InsuranceBibliography : 17 (1996-2011)