Ditemukan 36106 dokumen yang sesuai dengan query :: Simpan CSV
Ahmad Tahta Kurniawan; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Mila Tejamaya, Rudy Saptari Sulesuryana
S-9210
Depok : FKM-UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Zuly Prima Rizky; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Mila Tejamaya; Fatchuri
S-8897
Depok : FKM UI, 2015
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Aisyah Indriani; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Mila Tejamaya, Rudy Saptari Sulesuryana
S-9014
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Dina Elisabet Butarbutar; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Hendra, Syahrul Efendi Panjaitan, Rudi Saptary
Abstrak:
Diesel particulate matter baik fine maupun ultrafine particulate berkontribusi terhadap pajanan personal harian pekerja. Pajanan diesel particulate matter dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang dapat mengganggu kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut antara lain menyebabkan perubahan glukosa, HbA1c dan lipid. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang bertujuan menganalisis pajanan diesel particulate matter yang dikaitkan dengan peningkatan HbA1c dalam darah. Sampel penelitian adalah petugas uji mekanis berjumlah 18 orang dan 13 petugas administrasi di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Cilincing dan 18 kelompok pembanding. Adapun variable penelitian adalah pajanan diesel particulate matter, kadar HbA1c, usia, Indeks Masa Tubuh (IMT), lama kerja, dan kebiasaan merokok. Pengukuran pajanan particulate matter menggunakan pompa Leland legacy dan Sioutas cascade impactor dan perhitungan konsentrasi pajanan menggunakan metode gravimetric. Penimbangan filter debu hasil sampling menggunakan alat Neraca Mikro Mettler Toledo. Pengukuran kadar HbA1c dalam darah bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang kuat dan berkorelasi positif antara konsentrasi pajanan personal PM10, PM2.5, PM1, PM0.5 dan PM0.25 dengan tingkat kadar HbA1c dalam darah. Kata Kunci : Diesel Particulate Matter (PM10, PM2.5, PM1, PM0.5 dan PM0.25), HbA1c, Pusat Pengujian Kendaraan Bermotor Diesel particulate matter both fine and ultrafine particulate contribute to daily personal exposure of workers. Exposure to diesel particulate matter in the short term and in the long term can disrupt health. These health problems include changes in glucose, HbA1c and lipids. This study is an analytical study that aims to analyze the exposure of diesel particulate matter associated with increased HbA1c in the blood. The samples were mechanical test officer totaling 18 people and 13 administrative officers in Cilincing Motor Vehicle Testing Unit and 18 comparison groups. The research variables are diesel particulate matter exposure, HbA1c level, age, body mass index (BMI), length of service, and smoking habit. Measurement of particulate matter exposure using Leland legacy and Sioutas cascade impactor pumps and calculation of exposure concentration using gravimetric method. Weighing of sampling dust filter using Mettler Toledo Micro Balance tool. Measurements of HbA1c levels in the blood work in conjunction with the Health Laboratory. The results showed a strong and positively correlated relationship between the personal exposure concentrations of PM10, PM2.5, PM1, PM0.5 and PM0.25 with levels of HbA1c in the blood. Keywords: Diesel Particulate Matter (PM10, PM2.5, PM1, PM0.5 and PM0.25), HbA1c, Motor Vehicle Testing Center
Read More
T-5036
Depok : FKM-UI, 2017
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Adinda Kusumawardhani; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Mila Tejamaya, Fatchuri
S-9012
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Brian Orchidias Seik; Pembimbing: Doni Hikmat Ramadhan; Penguji: Mila Tejamaya, Ali Syahrul Chairuman
Abstrak:
Diesel Engine Exhaust adalah campuran kompleks dari substansi pada fase akhir gas danpartikulat pada saat pembakaran bahan bakar diesel. Fase partikulat DEE disebut dengan DieselExhaust Particles (DEP) dimana pada fase ini, terdapat beberapa elemen seperti ElementalCarbon (EC) dan komponen organik lainnya. Saat ini, EC digunakan sebagai parameterturunan bagi penilaian pajanan terhadap Diesel Particulate Matter (DPM) karena keakuratanpengukuran pada konsentrasi partikulat yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah parameter EC dapat digunakan sebagai penanda DPM dengan menggunakan fraksipartikulat yang lebih kecil yaitu PM 0.25 dengan menggunakan desain penelitian observasionaldengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil 46 sampel filter yangdiambil di UP PKB Cilincing, Ujung Menteng dan Kelompok Kontrol pada bulan April-Mei2018. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kelompok pengukuran dengan hasil analisis ECterhadap PM 0.25 bekorelasi positif dan linear signifikan adalah kelompok uji UP PKBCilincing, Kelompok Terpajan (Cilincing-Ujung Menteng), dan seluruh kelompok uji(Cilincing, Ujung Menteng, dan Kelompok Kontrol) (Sig<0.05) dengan derajat keeratansedang berkisar antara r=0,437 hingga r=0,526 serta koefisien determinasi berkisar antaraR2 =0,191 hingga R2 =0,277 (p<0.05) yang berarti parameter konsentrasi PM 0.25 memilikihubungan yang linear dan signifikan terhadap parameter EC. Korelasi paling erat ditunjukkandi UP PKB Cilincing (r=0,526, p=<0.025) sedangkan hasil uji analisis menyimpulkan bahwatidak terdapat korelasi positif antara variabel EC terhadap PM 0.25 di UP PKB Ujung Menteng(Sig>0.05, r=0,250; R 2 =0,063).Kata Kunci: Analisis Konsentrasi; Diesel Particulate Matter; Elemental Carbon; KonsentrasiParticulate Matter; Particulate Matter 2.5; Particulate Matter 0.25.
Read More
S-10285
Depok : FKM-UI, 2020
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Hardi Atmajaya; Pembimbing: Hendra; Penguji: L. Meily Kurniawidjaja, Sunjaya
S-8929
Depok : FKM UI, 2016
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Aidila Fitri; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdan; Penguji: Hendra, Rudy Saptari Sulesuryana
Abstrak:
POLUSI UDARA MENJADI SALAH SATU PENYEBAB TINGGINYA ANGKA KEJADIAN PENYAKIT KARDIOVASKULAR DI DUNIA. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGUKUR DAN MENGANALISIS PAJANAN PERSONAL DEBU PM2,5 DAN KADAR APOLIPOPROTEIN-B (APO-B) SEBAGAI BIOMARKER ATEROSKLEROSIS DALAM DARAH PEKERJA DI PUSAT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR CILINCING TAHUN 2017. STATUS MEROKOK, OBESITAS, PENGGUNAAN APD, DAN RIWAYAT PENYAKIT JUGA DI ANALISIS DALAM PENELITIAN INI DENGAN MENGGUNAKAN T-TEST INDEPENDEN. SAMPEL PENELITIAN BERJUMLAH 35 ORANG PEKERJA PKB CILINCING SEBAGAI KELOMPOK TERPAJAN DAN 24 ORANG PEKERJA FKM UI SEBAGAI KELOMPOK KONTROL. PAJANAN PERSONAL DIUKUR MENGGUNAKAN LELAND LEGACY PUMP DAN SIOUTAS CASCADE IMPACTOR, SEDANGKAN ANALISIS APO-B MENGGUNAKAN METODE POLYETHYLENEGLYCOL (PEG) ENHANCED IMMUNOTURBIDIMETRIC ASSAY. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN RATA-RATA KONSENTRASI PAJANAN PADA PEKERJA ADALAH 232,233 ΜG/M3 , SEDANGKAN RATA-RATA KADAR APO-B PADA KELOMPOK TERPAJAN ADALAH 107,30 MG/DL DAN KELOMPOK KONTROL ADALAH 91,17 MG/DL.
AIR POLLUTION BECOMES ONE CAUSE OF CARDIOVASCULAR DISEASE IN THE WORLD. THIS STUDY AIM FOR MEASURING PERSONAL EXPOSURE OF PARTICULATE MATTER 2,5 (PM2,5), AND APOLIPOPROTEIN-B LEVEL IN DIESEL EXHAUST EMISSION INSPECTOR BLOOD IN PKB CILINCING, 2017. IN ADDITION THIS STUDY ANALYZE SMOKING STATUS, OBESITY, FPE USING, AND HISTORY OF DISEASE USING INDEPENDENT T-TEST. STUDY SAMPLES OF 35 WORKER OF PKB CILINCING AS EXPOSED GROUP AND 24 WORKER OF FKM UI AS CONTROL GROUP. PERSONAL EXPOSURE MEASURE USING LELAND LEGACY PUMP AND SIOUTAS CASCADE IMPACTOR, WHILE ANALYSIS OF APO-B USING POLYETHYLENEGLYCOL (PEG) ENHANCED IMMUNOTURBIDIMETRIC ASSAY METHOD. RESULT OF STUDY SHOWS MEAN CONCENTRATION OF PERSONAL EXPOSURE TO WORKER IS 232,233 ΜG/M3 , WHILE MEAN APO-B LEVEL TO EXPOSED GROUP IS 107.30 MG/DL AND CONTROL GROUP IS 91.17 MG/DL.
Read More
AIR POLLUTION BECOMES ONE CAUSE OF CARDIOVASCULAR DISEASE IN THE WORLD. THIS STUDY AIM FOR MEASURING PERSONAL EXPOSURE OF PARTICULATE MATTER 2,5 (PM2,5), AND APOLIPOPROTEIN-B LEVEL IN DIESEL EXHAUST EMISSION INSPECTOR BLOOD IN PKB CILINCING, 2017. IN ADDITION THIS STUDY ANALYZE SMOKING STATUS, OBESITY, FPE USING, AND HISTORY OF DISEASE USING INDEPENDENT T-TEST. STUDY SAMPLES OF 35 WORKER OF PKB CILINCING AS EXPOSED GROUP AND 24 WORKER OF FKM UI AS CONTROL GROUP. PERSONAL EXPOSURE MEASURE USING LELAND LEGACY PUMP AND SIOUTAS CASCADE IMPACTOR, WHILE ANALYSIS OF APO-B USING POLYETHYLENEGLYCOL (PEG) ENHANCED IMMUNOTURBIDIMETRIC ASSAY METHOD. RESULT OF STUDY SHOWS MEAN CONCENTRATION OF PERSONAL EXPOSURE TO WORKER IS 232,233 ΜG/M3 , WHILE MEAN APO-B LEVEL TO EXPOSED GROUP IS 107.30 MG/DL AND CONTROL GROUP IS 91.17 MG/DL.
S-9524
Depok : FKM UI, 2017
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Trusti Dian Susanti; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Hendra, Rudy Saptari Sulesuryana
Abstrak:
Pajanan partikulat dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada sistem pernapasan dan kardiovaskular serta kematian. Tujuan penelitian ini mengetahui konsentrasi pajanan partikulat di PKB Cilincing. Pengambilan data dilakukan dengan mengukur pajanan personal pada petugas uji mekanis dan area pada kantor dan pengujian. Rata-rata konsentrasi pajanan personal PM10, PM2.5, PM1, PM0.25 pada petugas uji mekanis : 342.26 μg/m3; 232.23 μg/m3; 190.58 μg/m3; dan 140.10 μg/m3, ruangan kantor : 208.05 μg/m3; 168.87 μg/m3; 149.18 μg/m3; 110.42 μg/m3, dan pengujian : 213,50 μg/m3; 130.24 μg/m3; 100,42 μg/m3; 47,25 μg/m3. Perbedaan konsentrasi pajanan partikulat dapat terjadi karena perbedaan ukuran dan jenis kendaraan, lokasi, serta jenis pengujian.
Exposure to vehicle emission particulates has been known to cause death and health effects on respiratory and cardiovascular systems. This study conducted to determine concentration of PM2.5 in Vehicle Emission Testing Centre, Cilincing unit, by collecting personal exposure on emission inspector, at office and testing area. Average personal exposure concentration of PM10, PM2.5, PM1, PM0.25 were 342.26 μg/m3; 232.23 μg/m3; 190.58 μg/m3; dan 140.10 μg/m3, office area: 208.05 μg/m3; 168.87 μg/m3; 149.18 μg/m3; 110.42 μg/m3; testing area 213,50 μg/m3; 130.24 μg/m3; 100,42 μg/m3; 47,25 μg/m3. Concentration of particulate matter may different due to size and types of vehicles, location, and types of vehicle testing.
Read More
Exposure to vehicle emission particulates has been known to cause death and health effects on respiratory and cardiovascular systems. This study conducted to determine concentration of PM2.5 in Vehicle Emission Testing Centre, Cilincing unit, by collecting personal exposure on emission inspector, at office and testing area. Average personal exposure concentration of PM10, PM2.5, PM1, PM0.25 were 342.26 μg/m3; 232.23 μg/m3; 190.58 μg/m3; dan 140.10 μg/m3, office area: 208.05 μg/m3; 168.87 μg/m3; 149.18 μg/m3; 110.42 μg/m3; testing area 213,50 μg/m3; 130.24 μg/m3; 100,42 μg/m3; 47,25 μg/m3. Concentration of particulate matter may different due to size and types of vehicles, location, and types of vehicle testing.
S-9413
Depok : FKM UI, 2017
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Armando Wijaya Tampubolon; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan; Penguji: Laksita Ri Hastiti, Edy Sufaat
Abstrak:
Read More
Emisi kendaraan termasuk emisi lalu lintas dan transportasi telah menjadi sumber partikulat terbesar di banyak kota di berbagai negara. Masalah kesehatan akibat partikulat dari kendaraan bermotor tidak hanya dapat terjadi di sekitar jalan raya, tetapi juga dapat terjadi di industri yang bersinggungan dengan kendaraan bermotor. Dengan kondisi tersebut, peneliti ingin melakukan penelitian di UP PKB Pulo Gadung untuk melihat hubungan antara konsentrasi PM2,5 dengan keluhan gangguan pernapasan. Sampel penelitian berjumlah 38 orang, yang terdiri dari penguji mekanis dan civitas FKM UI sebagai sampel pembanding. Hasil rata-rata pengukuran yang dilakukan di jalur uji mekanis adalah sebesar 100,53 μg/m3. Sedangkan hasil pengukuran di lingkungan FKM UI sebagai pembanding rata-rata sebesar 56,72 μg/m3. Sebanyak 33 dari 38 sampel mengalami gejala gangguan pernapasan, dengan gejala yang paling banyak dialami adalah bersin (76,31%). Dari hasil uji chi-square antara konsentrasi PM2,5 dan keluhan gangguan pernapasan didapatkan p-value = 0,05, yang artinya ada hubungan signifikan antara konsentrasi PM2,5 dengan keluhan gangguan pernapasan.
Vehicle emissions including traffic and transportation emissions have become the largest source of particulates in many cities in various countries. Health problems due to particulates from motor vehicles can not only occur around the highway, but can also occur in industries that are in contact with motor vehicles. Under these conditions, researchers wanted to conduct a study at UP PKB Pulo Gadung to see the relationship between PM2.5 concentrations and complaints of respiratory problems. The study sample totaled 38 people, consisting of mechanical testers and FKM UI community members as a comparison sample. The average result of measurements taken in the mechanical test track was 100.53 μg/m3. While the measurement results in the FKM UI environment as a comparison averaged 56.72 μg/m3. A total of 33 out of 38 samples experienced respiratory symptoms, with the most experienced symptom being sneezing (76.31%). From the results of the chi-square test between PM2.5 concentrations and respiratory complaints, the p-value = 0.05 was obtained, which means that there is a significant relationship between PM2.5 concentrations and respiratory complaints.
S-11697
Depok : FKM UI, 2024
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
