Hasil Pencarian :: Kembali

Ditemukan 33186 dokumen yang sesuai dengan query ::  Simpan CSV
cover
Sigit Budi Purwatmoko; Pembimbing: Endang L. Achadi
S-1538
Depok : FKM UI, 1999
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Maharizul Syafnida; Pemb. Ratu Ayu Dewi Sartika; Penguji: Trini Sudiarti, Budi Setiawan
S-4956
Depok : FKM UI, 2007
S1 - Skripsi   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Jeanne Rini P., Tonny Sadjimin
JEN Vol.4, Ed.1
Jakarta : [s.n.], 2000
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Cermin Dunia Kedokteran (CDK), Vol.34, No.2/ 155, 2007, hal: 87-92
[s.l.] : [s.n.] : s.a.]
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Farokah, Suprihati, Slamet Suyitno
CDK-Vol.34/No.2
Jakarta : Kalbe Farma, 2007
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Muhammad Hidayat Sahid; Pembimbing: Asri C. Adisasmita, Ratna Djuwita; Penguji: Theresa Dwi Utami Azis
Abstrak: Status gizi merupakan ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi anak yangdiukur berdasarkan berat badan dan tinggi badan anak. Data status gizi pada anak usiaumur 5-12 tahun di DKI Jakarta menunjukkan underweight 14,0%, stunting 22,7%,wasting 9,9%, dan gemuk 6,8%. Data secara spesifik untuk wilayah Jakarta Selatanadalah underweight 7,4%, stunting 17,8%, wasting 6,3%, dan gemuk 7,3%. Dari datatersebut didapatkan gambaran mengenai permasalahan gizi yang terjadi di DKIJakarta. Permasalahan gizi memiliki dampak pada tumbuh kembang anak. Gizimerupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap prestasi akademiksiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status giziterhadap prestasi akademik siswa kelas 1-3 sekolah dasar. Desain yang digunakanadalah cohort restrospective dengan melihat hubungan antara hasil School WideAssessment (SWA) dengan status gizi anak pada 9 bulan sebelumnya. Populasi dalampenelitian ini adalah siswa kelas 1-3 sekolah dasar di Sekolah HighScope Indonesiadengan dilakukan total sampling yaitu mengambil seluruh siswa kelas 1-3 yangberjumlah 480 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yangbermakna antara variabel status gizi lebih pada pelajaran Bahasa Indonesia RR 1,89(CI 95% 1,46-2,44), Bahasa Inggris RR 5,22 (CI 95% 3,23-8,45), Matematika RR1,81 (CI 95% 1,45-2,26) dan IPA RR 1,90 (CI 95% 1,48-2,44). Demikian juga padaprestasi akademik kumulatif yaitu RR 6,29 (CI 95% 3,82-10,35). Oleh karenanyamasyarakat khsususnya orang tua perlu menyadari adanya pengaruh status giziterhadap prestasi akademik sehingga akan lebih bijak dalam memilih asupanmakanan dan jenis sekolah atau pendidikan yang tepat sesuai dengan usia anak.Kata kunci : status gizi; prestasi belajar; faktor risiko; cohort retrospective
Nutritional status is a measure of success in the fulfillment of child nutrition asmeasured by weight and height. The prevalency of nutritional status of children aged5-12 years in Jakarta is 14.0% underweight, 22.7% stunting, 9.9% wasting, and 6.8%fat. Specific data for South Jakarta area were underweight 7.4%, stunting 17.8%,wasting 6.3%, and grease 7.3%. Nutrition problems have an impact on child growth.Nutrition is one of the important factors that affect student achievement. The purposeof this study was to determine the effect of nutritional status on academicachievement of grade 1-3 elementary school students. The design used was cohortrestrospective by looking at the correlation between School Wide Assessment (SWA)with child nutritional status in the previous 9 months. The population in this researchis the students of 1-3 grade of elementary school in HighScope Indonesia with takingall students which amounts to 480 children as a total sampling. The results of thisstudy indicate that there is a significant relationship between the variables of nutritionstatus more on Indonesian lessons RR 1.89 (95% CI 1.46-2.44), English RR 5.22(95% CI 3.23-8, 45), Mathematics RR 1.81 (95% CI 1.45-2.26) and IPA RR 1.90(95% CI 1.48-2.44). Similarly, the cumulative academic achievement of RR 6.29(95% CI 3.82-10.35). Therefore, especially the parents should be aware of theinfluence of nutritional status on academic achievement so it will be wise in choosingfood intake and the type of school or education that appropriate to the child.Key words : nutritional status; academic achievement; risk factor; cohortretrospective.
Read More
T-5162
Depok : FKM-UI, 2018
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Ning Sulistyowati ... [et al.]
MPPK Vol.X, No.1
Jakarta : Balitbangkes Kemenkes RI, 2000
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Prisca Petty Arfines, Fithia Dyah Puspitasari
BPK Vol.45, No.1
Jakarta : Balitbangkes Depkes RI, 2017
Indeks Artikel Jurnal-Majalah   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
cover
Euis Yuliantini; Pembimbing: Ririrn Arminsih Wulandari, Budi Haryanto; Penguji: Laila Fitria, Asep Zaenal, Dadang Sulaeman
T-2741
Depok : FKM UI, 2007
S2 - Tesis   Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
:: Pengguna : Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
Library Automation and Digital Archive