Ditemukan 56 dokumen yang sesuai dengan query :: Simpan CSV
Nadya Karina; Pembimbing: Baiduri Widanarko; Penguji: Robiana Modjo, Ardhana Sitompul
Abstrak:
Read More
Pilot mempunyai tuntutan pekerjaan, tanggung jawab, dan keselamatan atas penumpang yang sangat tinggi. Stres yang dialami oleh pilot dapat berdampak negatif pada kesehatan, kinerja, dan kemampuan kognitif seseorang pilot professional (Harris, 2011). Pilot maskapai penerbangan komersial menghabiskan sebagian besar waktu kerja mereka di ruang kemudi pesawat udara yang terletak sekitar 10 km di atas tanah. Kondisi lingkungan kerja tersebut tidak ramah untuk seorang manusia. Dengan tekanan udara yang terbatas, tingkat oksigen terbatas, paparan bising dan relatif bekerja dalam ruang sempit membuat pilot mudah mengalami stres. Selain itu faktor - faktor penyebab stres, seperti terkait dengan konten dan konteks pekerjaan maupun faktor – faktor penyebab stres yang berasal dari internal, jika tidak sesuai maka dapat menambah pengaruh kejadian stres kerja yang dapat dialami oleh pilot dalam pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada pilot Airbus A320 PT.X tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Responden pada penelitian terdiri dari 23 kapten pilot dan 28 kopilot Airbus A320 PT.X yang merupakan keseluruhan pilot aktif pesawat Airbus A320 pada PT.X tahun 2023. Data dikumpulkan melalui pengukuran langsung menggunakan google form di lokasi penelitian. Analisis statistik yang digunakan adalah uji analisis deskriptif dan analisis korelasi chi- square dan menganalisis hasil Odds Ratio (OR) menggunakan perangkat lunak IBM SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel-variabel beban kerja, kecepetan kerja, jadwal kerja, hubungan interpersonal di tempat kerja, Pengembangan karir, kekhawatiran terhadap pekerjaan, upah, gangguan pola tidur dan aktifitas di luar pekerjaan menunjukkan korelasi yang bermakna dengan kejadian stres kerja pada pilot Airbus A320 PT.X tahun 2023, dengan menggunakan ukuran Odds Ratio (OR) dan interval kepercayaan 95% (CI 95%)
Pilot has very high job demands, responsibilities, and passenger safety. The stress experienced by pilots can have negative impacts on their health, performance, and cognitive abilities (Harris, 2011). Commercial airline pilots spend most of their working time in the cockpit of an aircraft located approximately 10 km above the ground. The working environment under such conditions is not friendly to humans. Limited air pressure, restricted oxygen levels, exposure to noise, and working in a relatively confined space make pilots susceptible to stress. Additionally, stressors related to job content and job context, as well as internal factors, can further contribute to the occurrence of work-related stress in pilots. This study aims to analyze the factors related to work- related stress in Airbus A320 pilots at PT.X in the year 2023. The research method used is an analytical survey with a cross-sectional research design. The respondents in the study consist of 23 captain pilots and 28 first officer pilots of Airbus A320 at PT.X, comprising all active A320 pilots at PT.X in 2023. Data were collected through direct measurements using Google Forms at the research location. The statistical analysis used includes descriptive analysis, chi-square correlation analysis, and analyzing the results with Odds Ratio (OR) using IBM SPSS software. The results of the analysis show a significant relationship between workload, work pace, work schedule, interpersonal relationships at the workplace, career development, job concerns, wages, disruptions in sleep patterns, and activities outside of work, indicating a significant correlation with the occurrence of work-related stress in Airbus A320 pilots at PT.X in 2023, using Odds Ratio (OR) with a 95% confidence interval (CI 95%).
T-6816
Depok : FKM-UI, 2023
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Bukit Hari Laksono; Pembimbing: Baiduri Widanarko; Penguji: Dadan Erwandi, Mila Tejamaya, Machfud
Abstrak:
Read More
Latar Belakang: Perusahaan XYZ sejak tahun 2019 mengganti tool Buku Paspor HSE menjadi online HSSE Passport dengan pertimbangan meningkatnya illness fatality dan meningkatnya kecelakaan kerja dengan penyabab dasar kekurangan pengetahuan sesuai hasil investigasi insiden menggunakan metode SCAT (Systematic Causes Analysis Technique). Dimana online HSSE Passport ini diharapkan dapat memastikan calon pekerja/ kontraktor tercukupi pengetahuan aspek HSSE dan derajat kesehatannya dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk menganalisa implementasi online HSSE Passport di Perusahaan XYZ di Tahun 2020 dengan membandingkan implementasi Buku Paspor HSE di Tahun 2018, sehingga dapat memberikan gambaran ke Perusahaan keefektifan implementasinya Metode: Implementasi Online HSSE passport yang sifatnya online dan realtime dibandingkan dengan implementasi Buku Paspor HSE (paper based) dari sejak tahap Registrasi, Tahap Validasi Medical Check Up, Tahap Validasi Basic HSSE Training, dan Tahap Released Paspor. Utamanya akan dilihat dan dibandingkan Media Penyimpanan Data Pemegang Paspor, Kecepatan Revalidasi, Kendala- Kendala implementasi online HSSE Passport, serta keunggulan dan kelebihan online HSSE Passport. Hasil: Hasil perbandingan terlihat bahwa online HSSE passport mempunyai keunggulan di tingginya tingkat kemanan informasi karena data digital disimpan dalam server perusahaan XYZ, proses revalidasi bagi pegeang paspor relatif lebih cepat karena dilakukan secara online dan realtime, namun ada beberapa kendala di awal implementasi seprti penyediaan alat scanner, HP/ Tablet, PC dan monitor di Pos Security sebagai akses kontrol. Selain itu di setiap tahapannya, tahap Registrasi, Tahap Validasi Medical Check Up, Tahap Validasi Basic HSSE Training, dan Tahap Released Paspor, tergambar bahwa Online HSSE passport secara umum lebih cepat, lebih ekonomis dan lebih akuntabel. Kesimpulan: Implementasi Online HSSE Passport berjalan efektif, lebih baik daripada ketika menggunakan buku Paspor HSE (paper based) dengan pertimbangan bahwa online HSSE passport mempunyai keunggulan seperti disebutkan di atas, meskipun di awal implementasinya masih ada beberapa kendala sesuai yang telah disebutkan juga di atas. Disarankan Perusahaan XYZ tetap menggunakan online HSSE Passport dengan menjaga reliability peralatan akses kontrol terkait sehingga Perusahaan dapat memastikan semua pekerja / kontraktor yang bekerja telah tercukupi pengetahuan aspek HSSE dan derajat kesehatan yang diperlukan.
Background: The XYZ company since year 2019 replaced the HSE passport book tool to Online HSSE Passport with the consideration of the increase in illness fatality and increased work accidents with the basic cause of lack of knowledge according to the results of the incident investigation using the SCAT (Systematic Causes Analysis Technique) method. Where the online HSSE Passport is expected to be able to ensure that prospective workers/ contractors are fulfilled aspects of HSSE aspects and their health degrees in carrying out their duties and work. Goal: This writing aims to analyze the implementation of online HSSE Passport at the XYZ company in year 2020 by comparing the implementation of the HSE passport book in 2018, so that it can provide an images to the company's effectiveness implementation. Result: The comparison results can be seen that the online HSSE Passport has the advantage of the high level of information security because digital data is stored on the XYZ company server, the revalidation process for the passport is relatively faster because it is carried out online and realtime, but there are several obstacles at the beginning of the implementation of the availability of scanners, HP/ Tablet, PC and Monitor at Post Security as access control. In addition, at each stage, the registration stage, the medical check -up validation stage, the Basic HSSE Training validation stage, and the release of the passport, it is illustrated that the online HSSE passport is generally faster, more economical and more accountable. Summary: The online HSSE passport implementation runs effectively, better than when using the HSE passport book (paper based) with the consideration that the online HSSE Passport has the advantage as mentioned above, although at the beginning of its implementation there are still some obstacles according to what has been mentioned above. It is recommended that the XYZ company continues to use HSSE Passport online by maintaining the reliability of related control equipment so that the company can ensure that all workers / contractors who work have been fulfilled aspects of HSSE aspects and the degree of health required.
T-6808
Depok : FKM-UI, 2023
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
I Gusti Gde Rai Supartha; Pembimbing: Baiduri Widanarko; Penguji: Fatma Lestari, Laksita Ri Hastiti, Ivan Stevanus Chandra, Pujiyanto
Abstrak:
Read More
Pendahuluan. Bencana yang diakibatkan oleh kegagalan atau insiden yang melibatkan teknologi, merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia perindustrian internasional. Hampir sekitar 65.000 kematian di dunia disebabkan oleh bencana teknologi antara tahun 2009-2018 (WHO, 2018). PT. X Indonesia berbatasan dengan sungai Mookervaart dan jalan utama Daan Mogot. Sebelah timur berbatasan dengan tanah kosong, dan bagian lebih timur adalah daerah pemukiman padat. Sebelah selatan berbatasan dengan daerah perumahan dan akan dibuat terminal bus, sedangkan sebelah barat Plant berbatasan dengan daerah pemukiman yang sangat padat. Pada PT. X terdapat berbagai macam proses kerja yang melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya, mulai dari penerimaan bahan yang tergolong B3, penyimpanan, penimbangan bahan untuk proses produksi, sampai kepada proses produksi dispersi polimer, dan penyimpanannya. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu adanya suatu kajian komprehensif tentang manajemen sistem tanggap darurat yang ada di PT. X. Metode. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif observasional. Dengan melakukan observasi langsung dilapangan (PT. X) dalam mengumpulkan data, melakukan wawancara yang mendalam terhadap informan yang diambil dengan menggunakan daftar pertanyaan dengan berpatokan pada Self-Assessment Checklist berdasarkan kriteria yang terdapat dalam NFPA 1600 edisi tahun 2019 yang dikembangkan oleh Donald L. Schmidt. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data primer dan data sekunder melalui metode wawancara mendalam dengan format focus group discussion (FGD), dan pengecekan bukti-bukti pendukung. Data kemudian diolah dan hitung persentase kesesuaiannya, dengan perbandingan terhadap seluruh persyaratan kesesuaian yang ada di check list standar NFPA 1600 edisi tahun 2019 Hasil. Dari hasil penelitian yang dilakukan dituangkan dalam sebuah tabel ringkasan terlampir, keseluruhan hasil rata-rata pemenuhan kesesuaian klausul NPFA 1600-2019 mengenai standar manajemen krisis, tanggap darurat, dan kontinuitas bisnis yang ada di PT. X berada pada angka Persentase kesesuaian sebesar 90,3%, dengan persentase pemenuhan klausul yang belum sesuai sebesar 9,7%. Kesimpulan. Hasil evaluasi sistem tanggap darurat di PT.X dalam kategori baik, dengan mengacu kepada penelitian sejenis terdahulu namun masih diperlukan perbaikan pada beberapa klausul seperti perencanaan dalam pemulihan dari bencana atau insiden dan alternatif pemasok kritis untuk menjaga kelangsungan bisnis PT.X
Introduction. Disasters caused by failures or incidents involving technology are one of the biggest causes of death in the international industrialized world. Nearly 65,000 deaths in the world were caused by technological disasters between 2009-2018 (WHO, 2018). PT X Indonesia is bordered by the Mookervaart river and the Daan Mogot main road. The east is bordered by vacant land, and the eastern part is a dense residential area. The south is bordered by a residential area and will be made a bus terminal, while the west of the Plant is bordered by a very dense residential area. At PT. X there are various kinds of work processes involving hazardous chemicals, starting from the receipt of materials classified as B3, storage, weighing of materials for the production process, to the production process of polymer dispersions, and their storage. Based on these conditions, it is necessary to have a comprehensive study of the management of the emergency response system at PT X. Methods. This research design uses a qualitative type with an observational descriptive approach. Researchers conducted direct observations in the field (PT. X) in collecting data, conducting in-depth interviews with informants taken using a list of questions based on the Self-Assessment Checklist based on the criteria contained in the 2019 edition of NFPA 1600 developed by Donald L. Schmidt. Data collection techniques were carried out through primary data collection and secondary data through in-depth interview methods with focus group discussion (FGD) formats, and checking supporting evidence. Based on these conditions, it is necessary to have a comprehensive study of the management of the emergency response system at PT X. The data is then processed and the percentage of conformity is calculated, by comparison with all conformity requirements in the 2019 edition of the NFPA 1600 standard check list. Results. From the results of the research conducted as outlined in an attached summary table, the overall average result of the fulfillment of the suitability of NPFA 1600-2019 clauses regarding crisis management standards, emergency response, and business continuity at PT X is at a percentage of suitability of 90.3%, with a percentage of fulfillment of clauses that are not yet suitable at 9.7%. Conclusion. The results of the evaluation of the emergency response system at PT. X are in the good category, with reference to previous similar research, but improvements are still needed in several clauses such as planning for disaster or incident recovery and alternative critical suppliers to maintain PT .X's business continuity
T-6802
Depok : FKM-UI, 2023
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Mulat Wening Astuti; Pembimbing: Baiduri Widanarko; Penguji: Robiana Modjo, Mila Tejamaya, Rismasari, Astuti
Abstrak:
Read More
Latar Belakang: Gangguan Otot dan Tulang Rangka Akibat Kerja (Gotrak) merupakan masalah kesehatan paling umum terkait pekerjaan dan menempati peringkat 2 sebagai gangguan kerja dan paling banyak biayanya. Prevalensi gotrak lebih tinggi pada petugas kesehatan, dibandingkan dengan populasi umum, industri dan profesi konstruksi. Profesional sektor kesehatan khususnya mereka yang bekerja di lingkungan rumah sakit, lebih sering mengalami gotrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor yang berhubungan dengan gangguan otot dan tulang rangka akibat kerja pada pegawai di RSUD X tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini adalah potong lintang dengan responden sebanyak 194 pegawai yang bekerja di RSUD X. Teknik pengumpulan data untuk data primer dilakukan dengan pengisian kuesioner, observasi, pengukuran dan wawancara. Sedangkan untuk data sekunder berupa profil RSUD, data pegawai dan data MCU pegawai. Hasil: Hasil kuesioner Nordic Body Map didapatkan bahwa prevalensi gotrak pada pegawai di RSUD X sebesar 83,5%. Pegawai yang mengalami keluhan gotrak mayoritas adalah tenaga medis yaitu sebesar 51,2%. Analisis penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara faktor psikososial yaitu tuntutan psikologis dengan OR 6,25 dan ketidakpuasan kerja dengan OR 10,26. Kesimpulan: Prevalensi gotrak pada pegawai di RSUD X tinggi sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan untuk mengurangi keluhan gotrak pada pegawai di RSUD X.
Background: Work Related Musculosceletal Disorders (WMSDs) is the most common health problem related to work and is ranked 2nd as a work disorder and has the most costs. The prevalence of WMSDs is higher among health workers, compared to the general population, industry and the construction profession. Health sector professionals, especially those who work in a hospital environment, are more likely to experience gorak. The purpose of this study was to analyze the factors associated with muscle and skeletal disorders due to work on employees at RSUD X in 2022. Methods: This type of research is cross-sectional with 194 employees working at RSUD X. Data collection techniques for primary data were done by filling out questionnaires, observations, measurements and interviews. As for secondary data in the form of hospital profiles, employee data and employee MCU data. Results: The results of the Nordic Body Map questionnaire showed that the prevalence of WMSDs in employees at RSUD X was 83.5%. The majority of employees who experience WMSDs complaints are medical personnel, which is 51.2%. The analysis of this study found that there was a significant relationship between psychosocial factors, namely psychological work demands with an OR of 6.25 and job dissatisfaction with an OR of 10.26. Conclusion: The prevalence of WMSDs on employees at RSUD X is high so it is necessary to take corrective action to reduce complaints of WMSDs on employees at RSUD X.
T-6585
Depok : FKM UI, 2022
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Adrian Bramantyo Yogiswara; Pembimbing: Dadan Erwandi; Penguji: Baiduri Widanarko, Muhammad Dawaman
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor psikososial apa saja yang mempunyai hubungan pada kejadian gangguan otot rangka. Penelitian dilakukan kepada 20 literatur yang diseleksi melalui kriteria inklusi-esklusi yang ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini mempunyai hasil yang signifikan pada hubungan aspek psikososial pada gangguan otot rangka yang terjadi pada manufaktur. Ditemukan faktor seperti tekanan pada pekerjaan yang tinggi dan hubungan antara pekerja dan manajemen yang buruk yang berpengaruh kepada kepuasan pekerja yang rendah dapat berpotensi menimbulkan stres akibat kerja. Stres akibat kerja yang ditambah dengan gerakan yang berisiko tinggi yang dapat menimbulkan kelelahan pada otot dan berujung timbulnya gangguan otot rangka.
Read More
S-10527
Depok : FKM-UI, 2021
S1 - Skripsi Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
Stevan Deby Anbiya Muhammad Sunarno; Pembimbing: Doni Hikmat Ramdhan, Baiduri Widanarko, Mila Tejamaya; Penguji: Muhammad Novie Anshari, Priyo Djatmiko
Abstrak:
Penelitian dan kajian mengenai sleep deprivation selama ini baru dilihat berdasarkanpernyataan dari responden penelitian, korban maupun saksi mata yang sifatnya sangatsubjektif. Tingginya angka kecelakaan yang muncul akibat dari sleep deprivation dansulitnya mencari data yang objektif mengenai kuantitas dan kualitas tidur yangsebenarnya dialami oleh pekerja, khususnya pekerja shift operator hauling truck masihmenjadi masalah yang besar, khususnya di bidang keilmuan K3. Penelitian ini merupakancross sectional study. Variabel dari penelitian ini adalah kuantitas tidur, kualitas tidur,salivary alpha amylase, tekanan darah, denyut nadi, kadar oksigen dalam darah,temperatur tubuh, karakteristik individu, sleep hygiene dan beban kerja. Penelitiandilakukan selama 1 bulan di perusahaan tambang di Indonesia. Secara umum, rata-ratadurasi tidur versi Fitbit pada operator hauling truck dengan pola 2 shift adalah sebesar149 menit atau 2 jam 29 menit sedangkan pada pola 3 shift adalah sebesar 182 menit atau3 jam 8 menit. Kualitas tidur versi Fitbit pada operator hauling truck dengan pola 2 shiftadalah sebesar 13% pada REM, 38% pada light sleep dan 12.7% pada deep sleep.Sedangkan pada pola 3 shift adalah sebesar 14.2% pada REM, 44.7% pada light sleep dan13.1% pada deep sleep.
Kata kunci:Kuantitas Tidur, Kualitas Tidur, Sleep Deprivation, Accident
The study of sleep deprivation has only recently been seen based on statements fromresearch respondents, victims and eyewitnesses who are very subjective. The highnumber of accidents arising from sleep deprivation and the difficulty of finding objectivedata on the actual quantity and quality of sleep experienced by workers, especially shiftoperator hauling truck workers is still a big problem, especially in the field of OHS science.This is a cross sectional study. The variables of this study are quantity of sleep, qualityof sleep, salivary alpha amylase, blood pressure, heart rate, blood oxygen levels, bodytemperature, sleep hygiene, individual characteristics and workload. Research conductedfor 1 month in mining company in Indonesia. The average sleep duration of Fitbit onhauling truck operator with 2 shift pattern is 149 minutes or 2 hours 29 minutes while in3 shift pattern is 182 minutes or 3 hours 8 minutes. Quality of sleep on hauling truckoperator with 2 shift pattern is 13% in REM, 38% in light sleep and 12.7% in deep sleep.While the pattern of 3 shifts is 14.2% in REM, 44.7% in light sleep and 13.1% in deepsleep.
Key words:Quantity of Sleep, Quality of Sleep, Sleep Deprivation, Accident.
Read More
Kata kunci:Kuantitas Tidur, Kualitas Tidur, Sleep Deprivation, Accident
The study of sleep deprivation has only recently been seen based on statements fromresearch respondents, victims and eyewitnesses who are very subjective. The highnumber of accidents arising from sleep deprivation and the difficulty of finding objectivedata on the actual quantity and quality of sleep experienced by workers, especially shiftoperator hauling truck workers is still a big problem, especially in the field of OHS science.This is a cross sectional study. The variables of this study are quantity of sleep, qualityof sleep, salivary alpha amylase, blood pressure, heart rate, blood oxygen levels, bodytemperature, sleep hygiene, individual characteristics and workload. Research conductedfor 1 month in mining company in Indonesia. The average sleep duration of Fitbit onhauling truck operator with 2 shift pattern is 149 minutes or 2 hours 29 minutes while in3 shift pattern is 182 minutes or 3 hours 8 minutes. Quality of sleep on hauling truckoperator with 2 shift pattern is 13% in REM, 38% in light sleep and 12.7% in deep sleep.While the pattern of 3 shifts is 14.2% in REM, 44.7% in light sleep and 13.1% in deepsleep.
Key words:Quantity of Sleep, Quality of Sleep, Sleep Deprivation, Accident.
T-5455
Depok : FKM UI, 2018
S2 - Tesis Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat
☉
